Minum Air Hangat Setiap Hari Bikin Tubuh Sehat

FAKTAJABAR.CO.ID – Kelangsungan hidup alam semesta hampir 70% bergantung pada air begitu pula dengan mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuh tumbuhan tidak akan pernah terlepas dari air untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa asupan makanan mungkin manusia masih bisa bertahan hidup untuk jangka waktu 1 minggu hingga 1 bulan namun tanpa minuman sangat mustahil disinilah pentingnya peranan air putih tidak hanya berfungsi untuk pertahanan tubuh namun juga memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan.

Sebenarnya hidup sehat itu mudah dan murah namun sedikit orang yang sadar dan mau mempraktekannya, salah satu himbuan dari praktisi kesehatan yang terkadang sering kita abaikan adalah untuk minum air putih sebanyak 7-8 gelas per hari. bukankah cukup mudah dan murah? sudahkah anda melakukannya sesuai anjuran?

Karena pentingnya air putih untuk kelangsungan hidup maka sesuai saran kesehatan sangat dianjurkan untuk minum setiap hari terutama bagi yang memiliki aktifitas padat karena akan mengeluarkan banyak cairan dan keringat sehingga akan menguras stamina.

Banyak sekali aktifitas keseharian yang bisa kita lakukan menggunakan air hangat seperti mandi, minum dan mencuci muka, jika semuanya dilakukan secara rutin dan sesuai prosedur maka anda akan merasakan manfaatnya tidak hanya sehat namun juga nikmat. Berikut adalah beberapa manfaatnya seperti dilansir doktersehat.com :

  1. Bersihkan tubuh
    Kebiasaan konsumsi air putih khususnya air hangat bisa membantu bersihkan tubuh khususnya untuk membersihkan sistem pencernaan dalam tubuh, apalagi kini ada inovasi baru untuk konsumsi air putih yang dikombinasikan dengan berbagai macam buah yang disebut Infused water. Kini minuman ini banyak dipilih dan digemari oleh masyarakat.
  2. Sehatkan tenggorokan
    Air hangat bisa juga untuk menyehatkan dan mengobati sakit tenggorokan akibat konsumsi air es yang berlebihan, lakukan minum air hangat ini secara rutin untuk meminimalisasi rasa sakit.
  3. Menegangkan pikiran
    Air putih khususnya air hangat bisa juga dijadikan sebagai alat untuk menenangkan pikiran menjadi lebih nyaman, tenang. Biasakan minum air hangat ketika pagi hari untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Ketika lelah, minum air hangat juga bisa membuat tubuh menjadi rileks kembali.
  4. Bisa bantu kontrol berat badan
    Air hangat ternyata juga bisa membantu dalam program diet sebagai pengontrol berat badan, air panas atau hangat bisa digunakan untuk menghancurkan timbunan lemak dan membantu menurunkan berat badan.
  5. Rangsang pergerkan usus
    Dengan rutin minum air hangat bisa membantu pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit khususnya ketika perut masih kosong, karena air hangat bisa memecah partikel makanan yang masuk dan melewati organ perncernaan yaitu usus.
  6. Memperbaiki proses pencernaan
    Dengan baiknya organ pencernaan seperti usus, maka ini akan bermanfaat untuk kesehatan proses pencernaan dalam tubuh. Air hangat bisa membantu proses penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat dan maksimal dari setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  7. Wajah tampil cantil alami
    Manfaat utama dari air putih hangat di mana bisa membantu untuk menghilangkan sebagian banyak racun dalam tubuh, ini akan berdampak pada kecantikan khususnya pada wajah Anda. Wajah akan tampil cantik, bersih, segar dan terlihat natural.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh dari kebiasaan minum air hangat, apalagi secara rutin dikonsumsinya. Nah tunggu apalagi, mulailah dari sekarang untuk rutin minum air putih hangat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Berkah Ramadan, 1000 Takjil Dibagikan RSUD Karawang

KARAWANG – RSUD Karawang kembali menggelar kegiatan ramadhan berkah. Sebelumnya ...