Ketua Katar Dukuh Karya Gagas Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H

KARAWANG – Desa Dukuh Karya, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang dikenal sebagai wilayah Desa Santri, tidak mau luput dari perayaan Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Digagas pemuda karang taruna desa setempat, kali ini dalam rangka menyambut hari besar islam, pemuda karang taruna menggelar doa berjemaah untuk penutup akhir tahun sekaligus kedatangan awal tahun baru Islam. Selain itu, acara jugaakan diramaikan arak-arakan pawai obor bersama ratusan umat warga muslim di desa tersebut.

Hari ini, Jumat (30/08), Ketua Karang Taruna Desa Dukuhkarya, Angga Dhe Raka, ketika ditemui Media Fakta Jabar, menyampaikan rapat persiapan untuk kegiatan menyambut tahun baru Islam melibatkan seluruh warga umat muslim dari beberapa majelis ta’lim, musholah dan juga mesjid besar di wilayah Desa Dukuhkarya.

“Sudah masuk tahap pemantapan menjelang pelaksanaan yang akan dimulai selepas waktu Mahrib, Sabtu (31/08) malam minggu besok. Nanti para santri akan mengitari seluruh jalan utama di desa kami membawa obor sembari melakukan tabeuh badug keliling desa. Minimal dengan acara ini kami sebagai umat muslim bersama para pemuda karang taruna ingin mengingatkan pentingnya tahun baru islam sebagai wilayah yang dikenal sebagai desa santri se Kabupaten Karawang,”jelasnya.

Kegiatan ini, sambungnya, menjadi salah satu rutinitas yang rutin di
selenggarakan oleh masyarakat di Desa Dukuhkarya, bahkan menjadi agenda kegiatan yang paling besar mendapatkan apresiasi dari kalangan tokoh dan sesepuh ulama di desa setempat. Pasalnya, para pemuda karang taruma memiliki keinginan untuk mewujudkan semangat para tokoh agama dan sesepuh ulama agar perayaan tahun baru Islam bisa turun temurun digiatkan para santri-santriwari yang merupakan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang.

“Karena apresiasi dan semangat yang begitu besar dari para tokoh agama maupun sesepuh ulama untuk ikut terlibat menyambut tahun baru Islam, dukungan juga sangat besat dari Pemdes setempat,” ungkapnya usai melaksanakan rapat pemantapan di Majelia Ta’lim Dusun Dukuh Timur.

Ditempat terpisah, Komara Irawan, sebagai Kepala Pemerimtah Desa Dukuhkarya mengklaim telah siap memberikan suport bagi para pemuda karang taruna untuk menyambut tahun baru Islam dengan agenda doa berjemaah dan pawai obor keliling desa setempat.

Tentunya, pemimpin di wilayah yang dikenal sebagai salah satu desa santri di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, ingin menunjukan bentuk komitmen dan tanggungjawab sebagai salah satu generasi bangsa yang dituntut eksis dalam syiar agama selain urusan Pemerintahan desa.

“Pak kades pada waktu pelaksanaan nanti akan hadir ikut pawai bersama rombongan anak anak dan para pemuda santri membawa obor keliling desa,”tegasnya.(sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Sebut Program KB di Karawang Sudah Berhasil

KARAWANG – Upaya yang dilakukan Pemkab Karawang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak akan berdampak bila ...