Tekan Angka Kecelakaan, Ini Upaya yang Dilakukan Satlantas Polres Karawang

KARAWANG – Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Karawang terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas diwilayah Kabupaten Karawang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memasang spanduk di berbagai titik rawan kecelakaan guna lebih mengingatkan kepada para pengendara untuk selalu berhati hati saat berkendara.

“Kami pasang spanduk di jalur rawan kecelakaan seperti Bundaran Kepuh dan Bundaran Charles jalur rawan laka jalan baru lingkar luar Karawang Timur. Bundaran Masari, Bundaran Kanzen dan Bundaran Depo pertamina jalur rawan laka Karawang – Cikampek,” kata Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana melalui Kanit Laka, Iptu Sabar Santosa kepada Fakta Jabar, selasa (3/9).

Lanjut Sabar, disamping gelaran operasi Patuh Lodaya yang tengah berlangsung, porsi kegiatan berupa sosialisasi dan pembinaan terhadap pengendara bermotor tetap dilakukan.

“Operasi patuh kan 60 persen berupa penindakan, 40 persen nya tetap sosialisasi berupa tindakan preemtif dan preventif,” jelasnya.

Diungkapkanya, langkah preventif ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan, supaya pesan mudah diterima dan menjadi perhatian para pengendara. Dengan imbauan tersebut sengaja diisi dengan tulisan dan gambar yang menarik.

“Ini merupakan kegiatan kami sebagai upaya menurunkan angka dan fatalitas laka Lantas di Wilayah Hukum Polres Karawang. Seiring penindakan pelanggaran dalam operasi patuh, kegiatan penyuluhan terhadap masyarakat di lingkungan daerah rawan laka kami gencar lakukan,” ungkap Sabar.

Sabar berharap, masyarakat dapat mengetahui bahwa daerah yang dipasangi spanduk tersebut adalah jalur rawan laka lantas. Disamping itu, masyarakat komunitas penghobi kendaraan bermotor dilibatkan agar agar proaktif untuk membantu menurunkan angka fatalitas korban laka lantas.

“Selain anggota internal, kami juga libatkan berbagai komunitas masyarakat untuk turut membantu mensosialisasikan keselamatan berlalulintas,” ujarnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deretan Kios di Asy-Syuhada Diduga Tak Berizin, H Deden Darmansyah : Harusnya Disegel Pol PP

KARAWANG – Pembangunan kios yang ada di halaman Masjid Besar ...