Tingkatkan Kesehatan Ibu & Anak TP PKK Karawang Gelar TOT Mother

KARAWANG – Dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak, Tim Pembina (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Karawang bersama PT Unilever Indonesia menyelenggarakan kegiatan Training Of Trainers (TOT) Mother Programme di Ballroom RS. Mandaya, Selasa (10/9/2019).

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Karawang, Ida Zamakhsyari menjelaskan, implementasi 7 pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Karawang.

“7 pembiasaan itu antara lain, CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman, Minum Air Bebas Kuman, Sikat Gigi Pagi dan Malam, Kamar Mandi Bersih dan Higienis, Kelola Sampah Rumah dan Cegah DBD (Demam Berdarah) Dengan Gerakan 3 M Plus,” kata Ida.

Selain itu, dirinya menilai, dengan mengimplementasikan kebiasaan tersebut, kasus stunting di Karawang pun dapat ditekan.

“Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, yakni terhambatnya pertumbuhan tubuh dan otak akibat kekurangan gizi. Hal ini terjadi karena pola asuh dan pola asupan gizi yang kurang baik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga berpesan kepada seluruh peserta dapat mengikuti TOT Mother Programme dengan sungguh-sungguh. Ia pun berharap agar ilmu yang didapatkan dapat kembali disampaikan kepada masyarakat desa.

“Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada TP PKK Pusat dan PT. Unilever yang telah menjadikan Kabupaten Karawang sebagai lokus TOT Mother Programme, dalam upaya pencegahan stunting. Dan kepada 100 kader posyandu yang mengikuti kegiatan hari ini, tolong simak baik-baik apa yang dijelaskan narasumber. Saya berharap, apa yang dipelajari dapat diimplementasikan kemabali di daerah masing-masing,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...