Dukung World Cleanup Day, PAUD Al Firdaus Turun Aksi Bersih-bersih Sampah

KARAWANG-Sebagai bentuk dukungan terhadap peringatan World Cleanup Day (WCD) 2019 di Kabupaten Karawang, Para orang tua dan murid PAUD Al Firdaus, turut serta berpartisipasi melakukan aksi bersih-bersih bersama komunitas dan relawan di Pantai Cibendo, Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Sabtu (28/9).

Dalam aksi WCD tersebut, PAUD Al Firdaus membersihkan sampah-sampah di sepanjang pinggiran pantai Cibendo.

Kepala sekolah PAUD Al Firdaus, Siti Marini mengatakan keikutsertaan pihaknya dalam aksi bersih-bersih WCD 2019 ini sebagai bentuk kesadaran untuk berpartisipasi dalam kegiatan peringatan World Cleanup Day (WCD) 2019.

“Kami ingin tanamkan sifat cinta lingkungan kepada anak didik kami sehingga kegiatan peringatan World Cleanup Day (WCD) 2019 ini dirasa sangat baik dan tentunya kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk bisa mengurangi sampah yang berada di bumi, karena digelar di seluruh dunia,” tutur Rini usai aksi bersih-bersih.

Rini menuturkan, di Kabupaten Karawang, aksi WCD sudah digelar di 3 titik, 2 titik sebelumnya sudah dilaksanakan pada 21 September. Kendati demikian, Rini dan tim mengaku bersemangat menjalankan misi kemanusiaan tersebut.

“Bagi saya dan tim, ini merupakan misi kemanusiaan, dunia sudah kotor dengan sampah. Membersihkan harus dimulai sedini mungkin dan dari diri sendiri. Masa depan dunia ke depan ada di tangan kita, nah mewariskan hal-hal baik adalah tugas kemanusiaan,” Ujarnya.

Diungkapkan Rini, anak anak adalah agent of change (agen perubahan), pihaknya mengajak untuk tanamkan peduli lingkungan terutama peduli sampah pada anak anak.

“Mari mengubah Indonesia menjadi lebih bersih, sehingga Indonesia tidak lagi menjadi predikat nomor 2 penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan. Lembaga PAUD sampai kepada perguruan tinggi diharapkan turut serta mngajarkan tentang pengelolaan sampah pada siswa siswinya. Seperti disekolah kami, kami memiliki kurikulum tematik sampah, Kurikulum ini pertama kalinya ada di Kabupaten Karawang dan akan kami sosialisasikan pada bulan Oktober Kepada 100 lembaga PAUD se kab karawang melalui dukungan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field dan Bupati Karawang, ibu Cellica,” Ungkapnya.

Perlu diketahui, sosialisasi ini juga didukung oleh SEAMEO CECCEP sebagai organisasi kementrian PAUD di tingkat ASEAN.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Soal Limbah Beracun PT. Pindo Delli, Wabup Bersikap

KARAWANG – Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari melakukan diskusi bersama warga yang tinggal di ...