Lolos ke AFC 2020, Timnas U-16 Jadi Inspirasi Timnas U-19

FAKTAJABAR.CO.ID – Timnas Indonesia U-19 terinspirasi kesuksesan para junior dalam ambisi merebut tiket Piala AFC. Mereka ingin mengikuti jejak tim U16 yang lolos ke kompetisi elite Asia.

Pada pertengahan September 2019, publik Indonesia bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke Piala AFC 2020. Tim asuhan pelatih Bima Sakti tersebut berhasil lolos dengan menyabet predikat satu di antara empat runner-up terbaik dengan raihan 10 poin.

Meski tak menjadi juara grup, pada kenyataannya Timnas Indonesia U-16 mampu tampil gemilang dengan meraih tiga kemenangan dan sekali imbang. Marselino Ferdinan dkk. juga hanya kalah selisih gol dari Tiongkok yang jadi juara grup.

Hal itulah yang juga ingin ditiru Timnas Indonesia U-19 saat berjuang pada kualifikasi Piala AFC.

“Semua yang positif dari Timnas Indonesia U-16 tentu menjadi inspirasi pemain kami. Artinya, mereka eks pemain U-16 yang dulu, tentu saja ingin tampil di Piala AFC U-19 2020,” kata Fakhri Husaini kepada wartawan.

Sekadar mengingatkan, mayoritas pemain yang ada sekarang di Timnas Indonesia U-19, merupakan jebolan U-16 yang tampil di putaran final Piala AFC 2018. Mereka bahkan menembus fase perempat final.

Di sisi lain, perjalanan Timnas Indonesia U-19 untuk tampil di Piala AFC 2020 tidak mudah. Bagas Kahfa dan kawan-kawan tergabung di Grup K akan bersaing dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jadwal 3 Laga Timnas Indonesia U-22 Dalam Turnamen di China

FAKTAJABAR.CO.ID – Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti sebuah turnamen di China sebelum tampil di SEA ...