PGT dan Warga Anggadita Melaksanakan Hajat Bumi

KARAWANG – Paguyuban Generasi Terampil (PGT) dan ratusan masyarakat Kampung Sukamulya, Kelurahan Anggadita, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang menggelar hajat bumi Seren Taun, pada Minggu (29/09/2019).

Seren Taun adalah kegiatan tradisi Budaya Sunda yang selalu diadakan di beberapa desa di Jawa Barat. Prosesi Seren Taun diadakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki panen yang diterima tahun lalu.

Salah satu desa yang masih menjalankan tradisi Seren Taun setiap tahunnya adalah Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Pusat kegiatan dilangsungkan di Kampung sukamulya. Prosesi yang dilakukan yakni ngarak dongdang, sedekah bumi, rebutan hasil bumi, dan tausiyah.

Dalam kesempatan ini ketua PGT UCU Suhaya, kembali menceritakan tentang sejarah desa anggadita kepada warga yang menghadiri acara tersebut, supaya warga dan anak muda jangan melupakan sejarah tempat lahirnya.

Kepala Desa Anggadita Agustia mulyana mengatakan, hajat bumi yang dilakukan telah menjadi acara tahunan, dimana yang terlibat seluruh warga Desa Anggadita. Setiap RT membawa hasil bumi dalam sebuah dongdang.

“Hajat bumi ini, sudah menjadi acara tahunan yang rutin dilangsungkan. Yang terlibat di acara ini, imana, tiap-tiap RT membawa hasil buminya dalam sebuah dongdang. dan saya sangat mengapresiasi dan merasa bersyukur adanya hajat bumi di desa anggadita ini” ungkapnya.

Hajat bumi tersebut juga diisi dengan acara Tausiyah dari H. Yusef Hidayatulloh. Dalam isi tausiyahnya H. Yusef Hidayattuloh menjelaskan, “Dalam gelaran hajat bumi ini kita harus bisa lebih saling berbagi, saling menghargai kepada sesama, kita niat bersama berdoa kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan karena kita sekarang masih musim kemarau,” pungkasnya. (ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...