Polisi Selidiki Pembuang Belasan Drum Yang Diduga Berisi Limbah B3 di Hutan Milik Perhutani

KARAWANG– Warga Dusun Pagadungan, Desa Tamanmekar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat digegerkan dengan penemuan belasan drum yang diduga berisi limbah B3 tergeletak di hutan produktif milik lahan Perhutani di Kecamatan Pangkalan.

Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah mengatakan, polisi masih melakukan penyelidikan guna mengetahui siapa pembuang belasan drum yang diduga limbah B3, polisi juga telah melakukan pengamanan (status qou) di TKP agar masyarakat tidak mendekati lokasi kejadian karena dikhawatirkan dpt berbahaya bagi kesehatan masyarakat sekitar.

“Awal mula berdasarkan informasi dari masyarakat adanya pembuangan limbah atau Dumping limbah B3 ke media lingkungan tanpa izin tepatnya di kawasan hutan Desa Tamanmekar Rt. 12 Rw. 05, Kecamatan Pangkalan, kab. Karawang. Setelah dilakukan pengecekan, terdapat 4 drum yang masih berisi cairan limbah B3 dan 7 drum sisa yang sudah kosong,” Kata Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah, Kamis (3/10).

Sebelumnya, lembaga Masyarakat Desa Hutan yang menemukan drum itu telah melaporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat. Sementara drum masih tergeletak di tengah hutan dan belum ada yang berani menyentuhnya.

“Kami menerima informasi ada drum yang diduga berisi limbah B3 dari anggota LMDH Taman Mekar Nalim. Kami langsung bergerak ke kapangan dan memang drum itu masih ada,” kata koordinator LMDH Jawa Barat, Nace Permana.

Menurut dia, sebelumnya masyarakat desa hutan, Selasa, 1 Oktober 2019 malam, melihat ada truk yang melintas ke dalam hutan. Truk tersebut memang terlihat membawa barang bawaan, tetapi warga tidak melihat secera jelas.

Nace menyebutkan juga, dirinya mendatangi lokasi bersama Perhutani setempat. Di tengah hutan yang kering terdapat 11 drum berisi cairan yang mengeluarkan bau tak sedap.

“Baunya menyengat membuat sesak napas. Sepertinya drum itu berisi cairan kimia,” kata Nace.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ciptakan Situasi Kondusif Jelang Pelantikan Presiden, Polres Karawang dan PCNU Gelar Dzikir dan Do’a Bersama

KARAWANG– Ribuan masyarakat tumpah ruah mengikuti kegiatan Dzikir dan Do’a bersama untuk Bangsa yang dilaksanakan ...