20 Tahun Vakum, Kini HAPMI Karawang Bakal Eksis Kembali

KARAWANG – Sempat vakum selama 20 tahun lamanya, kini organisasi Himpunan Artis, Penyanyi dan Musisi (HAPMI) Karawang bakal eksis kembali keberadaannya ditengah-tengah masyarakat.

Dikomdoi H. Achmad Djohansyah dan pengurusnya, HAPMI Karawang diharapkan menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk pengembangan seni dan budaya di Kota Pangkal Perjuangan. Sebagai keseriusan dalam pengembangan Hampi, Ketua HAPMI Jawa Barat H. Raden Gunawan Sumadikara akan melantik H. Achmad Djohansyah sebagai calon ketua HAPMI Karawang pada Sabtu, 12 Oktober 2019 di Ballroom LSI Jalan Interchange Tol Karawang.

Kang Gun, sapaan akrab H. Raden Gunawan Sumadikara, menjelaskan HAPMI merupakan suatu organisasi yang awal pendiriannya bertujuan untuk mewadahi para seniman dan musisi dalam mengembangkan bakatnya. Sehingga para seniman dan musisi yang tergabung dalam HAPMI dapat meniti karir ke jenjang yang lebih baik dengan koridor yang tepat.

“HAPMI berdiri sejak tahun 1979 dan dalam perjalanannya telah menghasilkan penyanyi-penyanyi terkenal ditanah air. Seperti Nike Ardila, Melly Guslaw, Rosa dan banyak lainnya,” kata Kang Gun melalui rilisnya kepada Fakta Jabar, Kamis (10/10/2019).

Kang Gun mengakui dalam 20 tahun terakhir, HAPMI mengalami mati suri. Namun saat ini mulai menggeliat dengan telah dilantiknya kepengurusan pusat HAPMI Jawa Barat periode 2018-2022. Kepengurusan baru ini telah bekerja dengan cepat membentuk perwakilan HAPMI daerah sebanyak 11 kabupaten/kota.

“Harapan besar disematkan kepada HAPMI Pusat maupun daerah untuk segera bekerja dengan mengacu kepada AD/ART yang telah ditetapkan . HAPMI kedepan diharapkan dapat menjadi lokomotif untuk memajukan seniman dan musisi, khususnya yang ada tanah tatar sunda ini,” katanya.

HAPMI sangat berharap dapat menjadi induk konsultatif bagi seniman maupun musisi yang tergabung dalam berbagai komunitas yang ada di daerahnya masing-masing. Dengan mengembang misi sebagai organisasi yang menaungi berbagai komunitas seni pada daerahnya masing-masing, maka peran sesungguhnya untuk menjadikan HAPMI sebagai induk organisasi yang dapat melakukan pembinaan akan terealisasi dengan baik. Pihaknya selaku pengurus HAPMI Jawa Barat ingin mengulang kejayaan HAPMI masa lalu dengan motto tradisi HAPMI adalah tradisi prestasi.

“Kami sangat bergembira dengan adanya rencana pengukuhan pengurus HAPMI Kabupaten Karawang periode 2019-2023 dan berharap dibawah kepemimpinan H. Djohansyah, HAPMI Karawang akan memberikan kontribusi yang positif untuk kemajuan seni dan budaya di Kabupaten Karawang. Bahkan harapan besar tertuju kepada HAPMI Karawang untuk menjadi role model untuk daerah lainnya,” harap Kang Gun.

H. Achmad Djohansyah, ketua HAPMI Karawang mengungkapkan, dibentuk berdasarkan petunjuk ketua dan jajaran pengurus HAPMI Jawa Barat dan prosesnya telah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi yang cukup panjang terutama dalam mengelolaborasi persamaan persepsi terhadap visi dan misi sebagaimana yang tertuang dalam AD/ART.

Kata dia, kesamaan persepsi ini sangat penting agar dalam menjalankan roda organisasi nantinya dapat berjalan dengan selaras dan harmonis baik berhubungan secara vertikal dengan HAPMI Jawa Barat sebagai induk organisasi maupun secara horizontal dengan komunitas seni dan budaya di Karawang, selaku parthersip dalam menjalankan roda organisasi. Khususnya menjadikan Hapmi sebagai induk konsultatif dan agen pembina, sebagaimana yang diamanatkan ketua HAPMI Jawa Barat .

“Kami selaku pengurus HAPMI Karawang bertekad akan berusaha dengan penuh dedikasi untuk menjadikan organisasi HAPMI menjadi terdepan dalam memajukan seni dan budaya sekaligus yang ada. Dengan adanya sinergitas ini, diharapkan perkembangan senin budaya Karawang akan berkembang menunjang ekonomi kreatif, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi seniman ditengah perkembangan industri luar biasa pesatnya di Karawang,” tambahnya.

Masih menurut Djohan, pelantikan pengurus HAPMI Karawang periode 2019-2023 merupakan suatu hal yang sudah ditunggu agar kami segera bergerak untuk menjalankan seluruh rencana kerja yang akan disahkan rancangannya dalam rapat kerja yang akan dilaksanakan setelah pelantikan. Rencana kerja akan menjadi pedoman dalam menjalankan roda organisasi, sehingga visi dan misi yang diamanatkan dapat terealisasi.

“Tema pelantikan pengurus HAPMI adalah meningkatkan peran HAPMI dalam melestarikan dan mengelola seni budaya di era millennial. Maksud dan tujuan pengukuhan kepengurusan HAPMI Karawang periode 2019-2023 ini mempererat hubungan silaturahmi seluruh komunitas seni budaya di Karawang serta mengembangkan misi HAPMI untuk menjadi wadah pemersatu komunitas seni budaya Karawang,” tandasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Meski Punya 1 Kursi di DPRD, Lina Sugiharti “PeDe” Mau Nyalon Bupati

KARAWANG – Geliat Pilkada Karawang semakin menjadi. Bahkan Ketua DPC PPP Kabupaten Karawang mau ikut ...