Galeri Konsep Wisata Bahari Bakal Ada di Karawang

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang berkeinginan memberikan sarana edukasi kepada masyarakat dan generasi penerus melalui potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki. Hal ini diungkapkan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana di sela-sela kunjunganya ke Gedung Mina Bahari IV Kantor Kementrian Perikanan dan Kelautan, Jakarta (15/10/2019) siang. Kunjungan Bupati Cellica diterima langsung oleh Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Bramantyo Satya Murti.

Menurut bupati, potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten Karawang memiliki kekuatan yang bisa dikembangkan menjadi bagian edukasi dengan konsep wisata bahari.

“Dusun Tangkolak di Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan menjadi salah satu potensi wisata bahari yang dipunyai Karawang. Di daerah itu ada sejumlah barang bernilai sejarah tinggi yang berasal dari muatan kapal tenggelam mulai dari kapal Dinasti Cina dan Kapal Belanda. Barang barang itu tentunya sayang sekali kalau tidak dirawat dan dilestarikan. Ini bisa menjadi kerangka ilmu bagi generasi penerus Karawang,” papar Bupati.

Belum lagi, kata Bupati, dengan keberadaan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan, dimana sekitar 30 persen siswa di sekolah itu merupakan anak anak asli dari Karawang. Nantinya bisa didukung pula oleh lulusannya demi bisa mengembangkan sarana kelautan disini.

“Galeri ini nantinya bisa menjadi pusat sumber informasi. Bisa menjadi salah satu sarana publik bagi masyarakat, khususnya para pelajar bisa menambah keilmuan soal sejarah kelautan di Karawang yang tidak mereka dapati di pelajaran sekolah,” ucap Bupati. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...