Garuda Select II Bakal Lawan Klub Papan Atas

FAKTAJABAR.CO.ID – PSSI bekerjasama dengan Supersoccer dan MolaTV sudah mengirim tim Garuda Select ke Inggris untuk menjalani program latihan akselerasi selama enam bulan ke depan.

Angkatan kedua Garuda Select ini bakal menjajal lebih banyak klub-klub papan atas ketimbang generasi pertama. Sebanyak 26 pemain Garuda Select bertolak ke Inggris pada Rabu (9/10/2019) demi menimba pengalaman dan pelatihan ala sepak bola Eropa selama setengah tahun ke depan.

Dilansir dari Kompas.com, para pemain ini akan berada di bawah pengawasan Direktur Program Garuda Select, Dennis Wise, dan pelatih Des Walker. Mereka bakal mengikuti perjalanan Garuda Select 1 yang melakoni 16 pertandingan antara Januari dan Mei 2019.

Sutan Zico cs mencatatkan 5 kemenangan, 4 imbang, dan 7 kekalahan dari laga-laga tersebut. Musim lalu mereka lebih banyak menjajal kekuatan klub kasta bawah Liga Inggris seperti Macclesfield U-17, Walsall FC U-17, dan Dover FC U-20.

Akan tetapi, pasukan Dennis Wise juga berkesempatan menghadapi Arsenal U-16, Leicester City U-19, dan Chelsea U-16 pada tiga laga terakhir mereka. Kali ini, PSSI akan menambah kualitas lawan yang bakal dijajal oleh angkatan kedua Garuda Select.
Salah satu nama klub beken yang telah masuk adalah Manchester City yang akademinya telah melahirkan talenta-talenta berbakat seperti Kasper Schmeichel, Daniel Sturridge, Jadon Sancho, dan Phil Foden.

Keputusan menghadapi Man City sekaligus membatasi rencana awal PSSI yang sedarinya bakal mengirim Garuda Select jilid 2 ke Jerman, selain ke Inggris dan Italia.

Para pemain Garuda Select memang akan bertandang ke Italia, tepatnya ke klub Como 1907 yang kini sudah dimiliki oleh Grup Djarum, untuk menghadapi beberapa akademi klub paten di Serie A.

“Mereka sekarang berada di Inggris. Pada 1 Januari, anak-anak bakal pindah ke Como, Italia. Jadi kita testing apakah Como sudah siap menampung anak-anak tersebut,” tutur Mirwan Suwarso sebagai Business Development Director SuperSoccer TV dan perwakilan MolaTV dalam acara media gathering MolaTV di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019) saat jumpa pers.

“Kita akan menghadapi Torino, Juventus, Como, dan kalau tak salah Inter atau AC Milan. Kemudian, mereka bakal balik ke Inggris,” lanjut Mirwan.

“Kali ini, kita belum ke Jerman dulu karena tahun lalu tim besarnya hanya tiga. Sekarang kita sudah menambah Manchester City. Jadi, dengan adanya penambahan jadwal ini kita melihat lebih baik fokus ke Inggris saja.”

Ia juga takut apabila waktu bepergian dari Inggris ke Italia lalu ke Jerman membuat anak-anak Garuda Select 2 terlalu letih.(*)

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pertamina Adakan Turnamen Panahan Tingkat SMA

KARAWANG – Sumpah Pemuda merupakan cerminan semangat perjuangan generasi muda pada tahun 1928. Untuk merayakan ...