Di Era Digital Tantangan Bagi Orang Tua untuk Anak

KARAWANG– Era digital saat ini orang tua memiliki saingan berat dalam mendidik anaknya, yakni teknologi informasi. Anak-anak memiliki sumber informasi baru dari internet maupun teman-temannya karena mereka tersambung melalui internet.

“Sekarang ini tantangannya, orang tua harus lebih aktif. Orang tua harus menjadi seorang tokoh utama untuk anaknya,” ujar Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana di acara Seminar Pendidikan Tahun ke-11 Yayasan Pendidikan Al- Madani Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Minggu (20/10/2019).

Bupati mengungkapkan, di tengah kesibukan, orang tua tidak memiliki alasan untuk tidak mempunyai kualitas hubungan terhadap anak-anaknya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Dengan demikian gadget yang dipegang menjadi alat edukatif bukan menjadi merusak.

Selain itu kata Bupati, tantangan bagi orang tua jaman sekarang dalam mendidik anak adalah agar mereka punya akhlak dan moral yang baik, jauh lebih besar seiring dengan berkembangnya teknologi.

Menurut bupati, orang tua harus mengikuti perkembangan jaman. Untuk yang anaknya sudah agak besar dan mulai kenal internet dan pegang handphone, para orang tua juga harus menguasai cara berinternet dengan cara diskusi dengan mereka, dan ajak anak untuk menggunakan internet dengan bijak.

“Pada dasarnya mendidik itu tidak bisa dilakukan orang tua sendiri tapi harus kerjasama dengan orang tua lainnya dan pihak lainnya, harus ada korelasi dan komitmen bersama,” kata bupati.

Seminar Parenting dengan tema “Menjadi Sahabat Anak Digital” itu menghadirkan narasumber Cahyadi Takariawan dan Nur Laila yang merupakan pasangan suami istri berprofesi sebagai penulis.

Seminar ini diikuti oleh orangtua murid dan para guru serta seluruh siswa Yayasan Pendidikan Al –Madani. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...