Bagi Masyarakat yang Mengalami Gangguan Saluran Cerna, RS Lira Medika Sediakan Layanan Digestive Center

KARAWANG – Informasi tentang seputar layanan kesehatan yang ada di rumah sakit merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan oleh publik, khususnya bagi keluarga pasien. Dalam upaya meningkatkan pelayanan, pada hari Kamis, 31 Oktober 2019 RS Lira Medika secara resmi meluncurkan pelayanan unggulan yaitu Digestive Center, berawal dari banyaknya masyarakat yang menanyakan pelayanan tentang masalah saluran cerna dan mengacu kepada Visi Rumah sakit yaitu “Menjadi Pusat Rujukan Rumah Sakit di Karawang dan daerah sekitarnya” menjadikan awal cerita terbentuknya pelayanan Digestive Center.

Digestive Center Rumah Sakit Lira Medika berfokus pada kelainan yang berhubungan dengan sistem pencernaan mulai dari penyakit akut maupun kronis. Masalah pencernaan yang sering terjadi pada pasien biasanya meliputi masalah liver (hati), lambung, kantong empedu, pankreas, colorectal (usus halus, usus besar dan rectum/anus).

Dijelaskan, digestive center rumah sakit Lira Medika berfokus kepada mendiagnostik penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem saluran pencernaan dengan SDM yang profesional dan kompeten di dalam bidangnya serta ditunjang dengan tekhnologi alat-alat kesehatan penunjang medis yang modern dan mutakhir sehingga dapat menegakan Diagnosa penyakit dengan tepat dan benar.

“Minimal Invasif Diagnostik dengan alat Endoscopy yang modern dan mutakhir memudahkan dokter untuk melihat secara langsung keadaan kondisi saluran pencernaan sehingga dapat menentukan diagnosa penyakit dengan benar serta dapat merencanakan tindakan selanjutnya. Minimal invasif surgery.

walaupun akhirnya harus dilakukan tindakan operasi, akan tetapi dengan bantuan alat Laparaskopi akan meminimalisir luka operasi sehingga mempercepat proses penyembuhan,” kata dr.Ronny Novianto, M.Kes, Direktur RS Lira Medika.

Dilengkapi dengan dokter sub spesialis Bedah Digestive seperti dr. Reno Rudiman, Msc SpB-KBD, FCSI, FICS dan dr. Ryanto Sitepu, SpB-KBD didukung oleh dr. Andi Pratama Dharma, SpPD sebagai dokter yang mempelajari bidang endoskopi dan dokter penunjang medis lainya, membuat Digestive Center RS Lira Medika dapat dijadikan andalan bagi masyarakat yang membutuhkan pengobatan yang berhubungan dengan penyakit saluran cerna.

“Adapun penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran cerna adalah usus buntu, hernia (turun bero), batu kantong empedu, gastritis (maag),” tambahnya.

Selain perbukaan Digestive Center dalam acara yang sama diadakan juga seminar medis yang mengusung tema Minimally Invasive Surgery and Endoscopy In Various Medical Cases dengan pembicara dr. Reno Rudiman, Msc SpB-KBD, FCSI, FICS dan dr. Andi Pratama Dharma, SpPD. Acara seminar medis ini dihadiri lebih dari 100 dokter yang antusias untuk menambah ilmu kedokterannya.

Dalam persentasinya dr. Reno Rudiman, Msc SpB-KBD, FCSI, FICS mengatakan RS Lira Medika menyediakan pelayanan Laparaskopi dengan satu sayatan / SILS (Single Incision Laparoscopic Surgery), dimana untuk melakukan teknik ini tidak semua dokter dapat melakukannya, karena harus dengan skill yang terlatih. Dengan tekhnik SILS maka luka operasi sangat minimal dan proses penyembuhan pun jadi lebih cepat.

Selain SILS dr. Reno Rudiman, Msc SpB-KBD, FCSI, FICS menjelaskan juga bahwa di RS Lira medika dapat melakukan operasi bariatrik (pengecilan lambung) bagi pasien-pasien yang mengalami gangguan metabolisme obesitas atau kegemuka, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan optimal.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Manfaat Jahe dan Kunyit Untuk Redakan 4 Masalah Kesehatan

FAKTAJABAR.CO.ID – Jahe dan kunyit adalah bumbu dapur yang dikenal dan dipercaya bisa membantu mengatasi ...