Pesta Karya Komunikasi 2019 Dibuka Untuk Pelajar dan Mahasiswa Se-Jabar dan DKI

KARAWANG – Pesta Karya Komunikasi (PKK) adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dan siswa dalam bidang ilmu komunikasi. Tapi yang membedakan event PKK kali ini, yaitu perlombaan dibuka untuk pelajar dan mahasiswa se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain itu, terdapat juga kategori tambahan untuk umum. Puncak acara PKK kali ini yaitu terdapat di acara Seminar Nasional dengan tema Be a Creative Content Creator in Modern Era.

Pertama kali diadakan pada tahun 2017, event PKK 2019 ini adalah tahun ke-3 dalam pelaksanaannya. Terdapat beberapa kategori perlombaan diantaranya yaitu Advertising, Karya Jurnalistik, Photography, Presenter, Public Relations, Radio Announcer, serta Short Movie. Ketua Pelaksana PKK 2019, Azka Anom Pranamanik mengatakan, event PKK tahun ini memiliki konsep tema bertajuk STORIES BEHIND THE CREATIVITY OF COMMUNICATION.

“Artinya bahwa kita ingin kawan-kawan peserta nantinya bisa lebih mengembangkan kreativitas dan menyalurkan bakatnya di bidang Ilmu Komunikasi, salah satunya dengan mengikuti event perlombaan di PKK ini,” ujarnya kepada Fakta Jabar, Selasa (5/11).

Azka menambahkan, terdapat biaya registrasi dari masing-masing kategori perlombaan. “Untuk perlombaan Short Movie yaitu Rp.75.000/tim, Public Relations Rp.50.000/tim, Photography untuk Pelajar dan Mahasiswa sebesar Rp.30.000/orang, sedangkan Photography untuk umum Rp.45.000/orang. Sisanya untuk kategori lomba Karya Jurnalistik, Radio Announcer, News Presenter, dan Advertising dikenakan biaya pendaftaran Rp.35.000/orang,” paparnya.

Masih Azka menambahkan, peserta pemenang lomba nantinya akan mendapatkan sertifikat penghargaan, piala dan uang pembinaan. Pemenang dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh panitia dan penilaian dari masing-masing juri mata lomba. “Kita memilih juri dari beberapa dosen program studi Ilmu Komunikasi UNSIKA serta beberapa praktisi yang ahli di masing-masing bidang perlombaan,” jelasnya.

Sambung masih Azka menambahkan, untuk peserta yang tertarik mengikuti lomba di event

PKK 2019, terdapat beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya berstatus pelajar, mahasiswa atau umum untuk wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta. “Selain itu, peserta juga wajib menyertakan kartu pelajar/mahasiswa dan harus mengisi formulir perlombaan online di bit.ly/pestakaryakomunikasi2019 atau dengan mendatangi stand pendaftaran di UNSIKA. Untuk kategori umum, peserta harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk. Peserta juga wajib membayar biaya pendaftaran sesuai dengan kategori lomba yang diikuti dan wajib hadir di acara Seminar Nasional bagi peserta yang lolos ke babak final nantinya,” ungkapnya.

Azka juga mengatakan, untuk info lebih lanjut dan jelas bisa mengunjungi akun media sosial Instagram @pkk_unsika. “Saya pribadi mewakili kawan-kawan panitia berharap semoga PKK ini bisa menjadi wadah bagi para pelajar dan mahasiswa ataupun masyarakat pada umumnya, untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang ilmu komunikasi, dapat juga menginspirasi, serta kedepannya bisa lebih bersaing dengan kompetisi-kompetisi ilmu komunikasi bergengsi lainnya yang ada di Indonesia,” pungkasnya. (dim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Turnamen Bola Voli Bravo Cup Ajang Pencarian Bibit Berkualitas

KARAWANG – Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari.menghadiri sekaligus membuka Turnamen Bola Voli. Turnament Bola ...