SULE, Antarkan Pertamina Raih Padmamitra Awards 2019

JAKARTA – Pengolahan makanan berbahan baku ikan lele atau SULE (Serba Unsur Lele) dinobatkan sebagai salah satu program CSR Pertamina yang mendapatkan Padmamitra Awards 2019.

Program SULE meraih kategori penyelesaian stunting, yang dinilai membantu mengurangi jumlah angka gizi kurang pada anak dan balita di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Tengku Fernanda, di Balaikota DKI Jakarta.

Dalam sambutannya Anies menilai penghargaan Padmamitra sebagai bukti nyata kolaborasi pemerintah dengan dunia usaha yang bersama-sama mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Malam ini kita bertemu dengan pionir-pionir yang telah memberikan kontribusi kepada negara dengan kegiatan sosialnya,” katanya.

Sementara itu Tengku Fernanda menyatakan, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dapat berjalan dengan baik berkat sinergi antara pemerintah daerah setempat, puskesmas, masyarakat dan Pertamina yang memiliki keinginan sama dalam memajukan kesehatan ibu dan balita.

“Kami berterima kasih kepada Forum CSR dan Pemda DKI, sehingga SULE yang merupakan ikon program peningkatan gizi anak dan balita, yakni makanan olahan berbahan baku ikan lele yang dibuat ibu-ibu penggerak gizi Bunda Koja, tidak hanya mendorong peningkatan gizi balita tetapi juga meningkatkan perekonomian warga,” jelasnya.

Program yang diinisiasi Pertamina di sekitar wilayah operasi Integrated Fuel Terminal Jakarta Group, dilaksanakan sebagai upaya untuk mendorong target Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mengurangi angka gizi kurang.

Kegiatan meliputi penyuluhan gizi bagi ibu dan anak, pengelolaan makan bergizi, sekaligus mendorong ekonomi masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pengembangan pengolahan makanan sehat berbahan baku ikan lele (SULE).

Awal mula program dilaksanakan di tahun 2018, Kelurahan Rawa Badak Selatan memiliki 22 anak dan balita yang tergolong kurang gizi. Kini secara bertahap, sudah tidak ada lagi anak-anak dan balita dengan gizi kurang di wilayah tersebut.

“Melalui program tersebut, Pertamina berharap dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat, dan memperhatikan gizi ibu dan balita, sehingga secara tidak langsung mendukung upaya penurunan angka gizi kurang di Kelurahan Rawa Badak, Kecamatan Koja,” kata Fernanda.

Padmamitra Awards merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum CSR DKI Jakarta dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap Organisasi Masyarakat, Yayasan, perusahaan BUMN dan BUMD serta anak perusahaannya yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

Padmamitra memberikan penghargaan untuk 15 kategori, dimana penilaian didasarkan pada kebijakan dan program pemberdayaan sosial masyarakat yang berkelanjutan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, hasil dan evaluasi dari program tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemuda di Garut Dibunuh Mantan Adik Ipar

FAKTAJABAR.CO.ID – Elki Firmansyah (29), warga Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut pada Selasa (12/11) dini hari, ...