Warga Cibeunying Dawuan Kidul “Bungah” Punya Sasak Jawara

SUBANG – Jembatan dan jalan merupakan infrastruktur penting untuk menunjang dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Pembangunan jembatan dan jalan sebagai akses utama penghubung antar desa yang keberadaanya sangat dibutuhkan untuk mempermudah kelancaran diberbagai sektor. Dari sektor pertanian jembatan memiliki peranan vital yaitu dapat mempermudah penyaluran sarana produksi seperti benih, pupuk, peralatan pertanian dan hasil panen.

Mengingat sangat pentingnya infrastruktur tersebut KA_LEM (Kang Leman) Salah seorang warga Cibeunying Desa Dawuan Kidul, sekaligus Pelaksana Pembangunan Memiliki ide dan gagasan membuat jembatan Permanen, menuju areal pertanian di desanya.

Seperti yang di Ketahui, Jembatan yang semula terbuat dari Bambu itu kini di Bangun Melalui CV. Karisma Jaya dengan Memiliki Panjang 12 Meter dan Lebar 3 Meter ini dengan Anggaran Rp 149.300.000.

Jembatan yang Baru ini di namai “SASAK JAWARA”

“Ide ini sebenarnya sudah lama, dan Saya bersemangat Bangun Jembatan ini, dan mengusulkannya kepada Pemda Subang di TA 2019, kerena sudah puluhan tahun Jembatan tersebut tidak pernah tersentuh anggaran, akhirnya pada bulan September tahun 2019 ini dimulai pengerjaannya, dengan melibatkan pekerja asli warga setempat,”Ujar Pria yang Akrab di Sapa Kutmay tersebut.

jadi semakin mempermudah akses perjalanan warga dan petani. Jelas Kutmay

Anggota BPD Dawuan Kidul Nardi mengatakan, sebelum jalan dan jembatan ini dibangun petani membawa hasil panennya dengan dipanggul melalui pematang sawah. Sehingga pada saat melaksanakan pemupukan juga harus bersusah payah pemanggul pupuk sampai kelokasi sawah yang akan dipupuk, jadi harus mengeluarkan biaya lebih untuk jasa angkut. Sekarang dengan memiliki akses jalan dan jembatan harga tanah ditempat ini juga semakin meningkat.

Jembatan dan jalan tahap 1 ini telah Selesai di Bangun, Bupati Subang H. Ruhimat mengatakan Pemerintah Daerah akan terus mendukung pembangunan infrastruktur tersebut, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup para petani. Saya sangat bangga ketika salah seorang pemuda warga sekitar memiliki ideu dan gagasan yang Luar biasa, ini bukti dukungan terhadah Pemkab menuju Subang Jawara, Saya berharap seluruh warga dan petani harus bisa memelihara infrastruktur yang ada agar bisa terus berfungsi dengan baik. (mai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

FSP Desak Sekda Subang Mundur

FAKTAJABAR.CO.ID – Terkait ramainya kabar bahwa serapan anggaran masih dikisaran sekitar 60%, membuat prihatin warga Subang. ...