4 Calon Bintang Sepak Bola di SEA Games 2019

FAKTAJABAR.CO.ID – Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games, akan digelar tahun 2019 ini. Sepak bola masih menjadi magnet kuat karena gengsi tersendiri yang wajib dijaga seluruh negara peserta di sini.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B yang diisi oleh kandidat kuat peraih emas SEA Games 2019, Thailand. Vietnam juga sudah siap mencetak sejarah di Filipina. Jangan juga lupakan Singapura, yang acap kali merusak peta persaingan sepak bola Asia Tenggara.

Sementara di Grup A, tuan rumah Filipina berada satu grup dengan Malaysia. Satu peserta lainnya yang berpeluang lolos ke semifinal adalah Myanmar. Sisanya, yakni Kamboja dan Timor Lester, tidak begitu difavoritkan.

Setiap tim tentu memiliki setidaknya satu pemain bintang yang akan sangat diharapkan mampu memberikan efek nyata buat kesebelasan yang dibelanya. Pemain tersebut juga akan makin termotivasi untuk meraih gelar individu demi kariernya di masa-masa mendatang.

Pada SEA Games 2019 Filipina, terdapat beberapa pemain muda bertalenta yang siap keluar sebagai bintang lapangan hijau. Kehadiran mereka diharapkan mampu membawa negaranya keluar sebagai yang terbaik.

Berikut ini Bola.com merangkum deretan calon bintang sepak bola SEA Games 2019.

Supachok Sarachat (Thailand)

Baru berusia 21 tahun, Supachok merupakan satu di antara talenta muda Asia Tenggara yang diprediksi bakal bersinar pada masa-masa mendatang.

Meski masih muda, Supachok merupakan andalan di Buriram United, klub raksasa asal Thailand. Ia bahkan mampu merebut satu tempat utama di Timnas Thailand.

Pada Liga 1 Thailand musim 2019, Supachok menjadi pemain terbanyak kedua yang tampil untuk Buriram, yakni 29 kali. Dirinya juga menjadi top scorer klub dengan lesakkan sembilan gol di pentas liga.

Tak cuma di level klub, performa Supachok di level timnas senior pun juga canggih. Pada saat menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, sang gelandang serang mencetak dua gol dan berperan pada satu gol lainnya.

Pelatih Thailand asal Jepang, Akira Nishino, menegaskan dirinya sangat percaya kepada pemain muda, termasuk Supachok.

“Semua pemain muda kami seperti Supachok, Ekanit Panya, dan Supachai Jaided bermain bagus. Supachok bermain dengan penuh tekanan pada laga perdana kontra Vietnam. Tapi, melawan Indonesia, ia mampu bermain gemilang,” ujar Nishino.

Nguyen Quang Hai (Vietnam)

Tinggi, cepat, dan berbahaya. Tiga karakteristik itu tepat untuk menggambarkan Nguyen Quang Hai, pemain yang dijuluki Lionel Messi dari Vietnam.

Quang Hai juga berhasil menyabet gelar Pemain Terbaik ASEAN pada AFF Awards belum lama ini. Bersaing dengan Messi dari Thailand, Chanathip Songkrasin, Quang Hai mampu keluar sebagai yang terbaik.

Pemain berusia 22 tahun itu digadang-gadang bakal bersinar pada SEA Games 2019. Ia akan mengerahkan kekuatan terbaiknya karena kemungkinan bakal ada pemandu bakat di sepanjang turnamen.

Gelandang itu disebut-sebut tengah dilirik sejumlah tim. Tak cuma Asia Tenggara saja, tim dari La Liga Spanyol, Deportivo Alaves, juga disebut-sebut tengah membidik tanda tangannya.

Safawi Rasid (Malaysia)

Safawi Rasid menjadi pemain lainnya yang memiliki kans meraih gelar permain terbaik pada SEA Games 2019 cabang olahraga sepak bola. Meski masih berusia 22 tahun, ia sudah cukup berpengalaman bermain di level teratas, baik klub maupun timnas.

Bermain gemilang bersama Johor Darul Ta’zim muism ini dengan membantu memberikan tiga gelar, Rasid pun masuk kandidat sebagai MVP Liga Malaysia pada National Football Award 2019.

“Saya merasa intensitas kompetisi makin mengerikan, jadi saya tidak begitu peduli siapa yang akan meraih MVP selama saya masuk nominasi, itu saja sudah cukup,” ujarnya rendah hati.

Egy Maulana Vikri (Indonesia)

Dari sekian banyak bintang Timnas Indonesia, tampaknya Egy Maulana Vikri tetap yang paling diharapkan mampu berbicara banyak, baik secara individu mau pun untuk tim.

Ajang SEA Games 2019 seharusnya menjadi panggung pembuktian buat pemain Lechia Gdansk itu. Asal tidak terbebani dengan ekspektasi, aksi Egy merupakan yang paling dinanti-nanti publik sepak bola Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Egy telah merasakan nyaris semua level timnas kelompok usia, dari U-19 sampai senior pernah ia cicipi. Skill-nya akan mewarnai lapangan hijau SEA Games 2019 mendatang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kemiripan Timnas Indonesia di SEA Games 1991 dan 2019

FAKTAJABAR.CO.ID – Selama 28 tahun lamanya, Timnas Indonesia paceklik medali emas SEA Games. Kesempatan untuk ...