Jumlah Pelamar CPNS di Jabar Sudah Lebih Dari 5000 Orang

FAKTAJABAR.CO.ID – Pemprov Jabar membuka 1.934 lowongan pekerjaan atau formasi seleksi CPNS 2019. Lowongan, dibuka sejak 11 November lalu, dan hingga hari ini (Jumat, 15 November 2019), jumlah pendaftarnya sudah hampir 5 ribu orang.

“Tadi jam 11.30 WIB saya lihat yang mendaftar sudah 4.500 calon. Mungkin sekarang sudah meningkat terus ya. Karena kan sistem online,” kata Kabid Pengadaan dan Mutasi BKD Prov Jabar, Tulus Arifin, dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri), Jumat (15/11/2019), dilansir realitarakyat.com

Jumlah pelamar yang telah mendaftar sebagaimana tersebut di atas, kata Fajar, baru berasal dari warga Jawa Barat saja.

“Yang 4.500 itu bukan secara keseluruhan, ya. Ini baru yang Provinsi Jawa Barat. Bukan secara keseluruhan. Yang keseluruhan jumlah pelamarnya sudah 58 ribu,” jelas dia.

Dijelaskan Fajar, 1.934 formasi CPNS 2019 yang dibutuhkan itu adalah tenaga umum, khusus untuk jenis jabatan sesuai dengan program nasional, pendidikan, kesehatan, dan jabatan teknis penunjang infrastruktur lainnya.

“Tidak termasuk jabatan administrasi,” kata dia.

Rinciannya, 1.002 formasi untuk tenaga teknis, 839 tenaga pendidik, dan 93 tenaga kesehatan. Seluruh formasi tersebut tersebar di 37 unit kerja dari 44 OPD Pemprov Jabar.

“Secara timeline nasional, pendaftaran dimulai dari tanggal 11 November 2019 sampai dengan 24 November 2019. Meski begitu, jadwal bisa berubah dan menyesuaikan dengan kebijakan panitia seleksi nasional, ” kata dia.

Pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online lewat laman sscasn.bkn.go.id. Peminat wajib membuka akun dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NIKK).

Akun tersebut dibutuhkan, untuk mengakses laman atau untuk pengisian biodata, pilihan formasi dan jabatan, mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan, hingga mencetak kartu.

“Sebelum mendaftar, calon pendaftar lebih baik menyiapkan dokumen pendaftaran, yakni Kartu Keluarga, KTP atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ijazah, transkrip nilai, pas foto, dan dokumen lain sesuai instansi yang akan dilamar,” kata dia.

Fajar meminta pelamar CPNS 2019 tidak mempercayai oknum yang mengklaim bisa meloloskan peserta.

“Cari dan lamar jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki, tetap yakin dengan kemampuan sendiri. Jangan mudah terbuai dengan janji manis oknum penipu. Jika ada pertanyaan langsung tanyakan kepada pihak panitia seleksi di Jawa Barat,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas, Komunitas Mercedes Benz Cilegon Prima Berkendara Ke Yogyakarta

CILEGON – Komunitas otomotif Mercedez Benz chapter Cilegon hari ini berkendara menempuh perjalanan sejauh 665 ...