Suporter Indonesia Tidak Memilih Tonton Malaysia vs Indonesia, Ini Sebabnya?

FAKTAJABAR.CO.ID – Sebagian suporter Timnas Indonesia di Malaysia memilih tidak menonton pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Indonesia, Selasa (19/11), lantaran kecewa dengan PSSI.

Rencana tidak menyaksikan laga Malaysia vs Indonesia dan memilih berada di area luar Stadion Nasional Bukit Jalil (SNBJ) diutarakan oleh Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia (ASIM).

ASIM mengaku kecewa dengan keberadaan orang-orang lama yang kembali terpilih menjadi anggota komite eksekutif PSSI pada Kongres Luar Biasa Pemilihan 2 November lalu.

“Teman-teman aliansi kecewa dengan PSSI yang sekarang termasuk persiapan timnas dan ada pengurus-pengurus lama yang ada di PSSI, padahal sudah terbukti gagal,” ucap koordinator ASIM, Luki Ardianto, dilansir CNNIndonesia.com.

“Ini berat ya, kami itu jarang nonton Timnas. Belum tentu setahun sekali. Kalau teman-teman di Jakarta kan bisa, mungkin, setahun tiga kali nonton Timnas. Belum lagi cacian teman-teman lain yang bilang, ‘Oh takut ya karena lawan Malaysia?’,” jelas Luki yang sudah 18 tahun di Malaysia.

Kendati tidak akan masuk ke stadion, Luki tetap berharap Irfan Bachdim dan kawan-kawan bisa meraih kemenangan dalam laga tandang kali ini.

Keberadaan suporter Indonesia yang ada di luar stadion kemungkinan tidak akan bertahan selama laga berlangsung karena Kepolisian Kerajaan Malaysia menyatakan bakal mengusir pulang fan yang tidak memiliki tiket.

Diperkirakan ada ratusan suporter Timnas Indonesia di Malaysia yang akan berada di luar Stadion Bukit Jalil. Namun, tidak sedikit pula suporter rantau yang tetap mendukung dari dalam stadion.

“Ya ini sebenarnya beda prinsip saja, ada yang punya pendirian untuk tidak masuk, tetapi ada pula yang memilih masuk,” ujar Eko Darmawan, suporter Timnas Indonesia yang sudah 10 tahun tinggal di Malaysia.

“[Alasan] yang pertama kami menghormati teman-teman dari luar Kuala Lumpur, ada yang mau menonton dari Perak, Johor, Kedah, kami menghargai mereka. Kedua, silaturahmi dengan suporter Timnas, ini jarang ketemu dan waktunya memang tepat,” sambungnya.

Suporter Timnas Indonesia siap dengan segala risiko dan mematuhi aturan hasil pertemuan perwakilan fan dengan Kepolisian Malaysia, seperti masuk dari Gerbang E dan tidak langsung ke luar stadion ketika laga bubar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kemiripan Timnas Indonesia di SEA Games 1991 dan 2019

FAKTAJABAR.CO.ID – Selama 28 tahun lamanya, Timnas Indonesia paceklik medali emas SEA Games. Kesempatan untuk ...