Ciri-ciri Kanker Payudara yang Masih Bisa Disembuhkan

Oleh: Dr. dr. Samuel J. Haryono, Sp.B(K) Onk

FAKTAJABAR.CO.ID – Kanker payudara telah menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian pada kaum wanita. Pada tahun 2015 saja, data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa telah ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara.

Memang menakutkan, tapi sebenarnya jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal bisa dideteksi, bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri awal kanker payudara sedini mungkin.

Seperti dilansir hellosehat.com, agar tidak berkembang semakin parah, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan kanker payudara berdasarkan stadiumnya serta tanda dan ciri-ciri kanker payudara di bawah ini.

Perkembangan kanker payudara stadium satu hingga lanjut

Apabila dilihat dari perkembangan sel kankernya, kanker payudara dapat dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu:

Kanker payudara stadium nol (stadium In-situ)

Stadium 0 dalam kanker payudara juga dikenal dengan nama stadium In Situ.

Saat tahap ini terjadi, sel kanker sudah ada dan berkembang. Namun, perkembangannya masih hanya di saluran payudara, jadi belum ditemukan benjolan. Pada tahap ini juga belum ada penyebaran sama sekali.

Kanker payudara stadium satu

Kanker payudara stadium I masuk kanker payudara stadium dini. Ciri-ciri kanker payudara pada tahap ini adalah sel kanker sudah mulai berkembang dan mengalami pembesaran pada bagian payudara yang menjadi tempat tumbuhnya.

Pada stadium ini, sel kanker sudah mulai berkembang dan ukuran tumornya dari 0 sampai kurang dari 2 sentimeter (cm).

Kanker payudara stadium dua

Kanker payudara stadium II juga sama seperti stadium I, yakni termasuk dalam stadium dini.

Pada tahapan ini, sel kanker dapat berkembang dan tumbuh dengan beberapa cara. Tingkat stadiumnya pun digolongkan menjadi dua, yaitu stadium IIA dan IIB.

Stadium IIA

Ditandai dengan munculnya tumor berukuran 2-5 sentimeter (cm) dan belum ada tumor di kelenjar limfa ketiak. Stadium IIA juga bisa ditandai dengan munculnya tumor yang berukuran kurang atau sampai 2 cm dan sudah menyebar hingga ke kelenjar limfa di ketiak.

Stadium IIB

Sementara pada stadium IIB, ukuran tumor bisa mencapai 2-5 cm dan sudah menyebar hingga kelenjar ketiak. Atau dapat juga ditandai dengan ukuran tumor lebih dari 5 cm tapi belum sampai kelenjar ketiak.

Kanker payudara stadium tiga

Stadium III terbagi atas stadium IIIA, stadium IIIB, dan stadium IIIC.

Stadium IIIA

Pada tahap ini, ukuran tumor di sekitar payudara bisa mencapai 0-2 cm disertai dengan penyebaran yang berkelompok di area kelenjar ketiak.

Atau kondisi ini juga bisa ditandai dengan munculnya tumor berukuran lebih dari 5 cm di area payudara dan disertai adanya satu atau lebih tumor di kelenjar limfa ketiak.

Stadium IIIB

Stadium IIB juga sering disebut dengan stadium lanjut lokal. Gejala khas yang terlihat pada tahap ini yaitu ukuran tumor bisa berapa pun, tapi sudah melekat di dasar atau dinding dada, atau kulit payudara, atau bahkan keduanya.

Dalam tahap ini, tumor bisa menyebar sampai kelenjar limfa di ketiak, bisa juga tidak. Namun, umumnya, penyebaran hanya sampai kelenjar limfa ketiak saja tidak sampai ke organ lainnya.

Stadium IIIC

Tumor pada stadium ini bisa berukuran berapa saja dan dapat muncul di area:
Kelenjar limfa ketiak
Kelenjar limfa atas dan/atau di bawah tulang selangka
Kelenjar limfa mamaria interna (kelenjar di sepanjang tulang dada yang tak teraba dari luar)
Kanker payudara stadium empat

Ciri-ciri kanker payudara stadium IV (stadium lanjut jauh) adalah perkembangannya semakin cepat dan kian melebar ke bagian organ lain.

Ukuran tumor dan kelenjar limfa ketiak bisa bervariasi, dari yang kecil hingga besar. Meski ukuran tumor pada kanker payudara stadium 4 bervariasi, tapi sudah menjalar ke bagian tubuh lainnya, menyebar ke bagian organ lainnya seperti paru-paru, hati, dan tulang.

Tanda dan ciri-ciri kanker payudara

Semakin dini tanda dan ciri kanker payudara stadium awal dikenali, maka semakin mudah sel kanker tersebut dihilangkan dari tubuh. Sel kanker stadium nol, biasanya belum menunjukkan tanda atau ciri apapun.

Namun, Anda sudah dapat mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium satu. Ciri-ciri kanker payudara paling umum adalah munculnya benjolan di payudara.

Sayangnya, tak hanya kanker yang menjadi satu-satunya kelainan pada payudara yang dapat dideteksi dengan ada tidaknya benjolan. Ini karena benjolan di payudara dapat dipicu oleh perubahan hormonal pada remaja hingga rusaknya jaringan lemak. Lalu, apa ciri-ciri benjolan kanker payudara yang sebenarnya?

Umumnya, ciri-ciri benjolan kanker payudara akan terlihat memiliki tekstur lunak hingga keras, dengan batas yang tidak jelas. Permukaan benjolan pada kanker payudara juga biasanya tidak rata.

Benjolan juga tidak akan terasa sakit saat ditekan. Selain munculnya benjolan, tanda dan ciri kanker payudara stadium awal yang dapat Anda kenali adalah:

Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara. Perubahan bentuk pada puting payudara. Puting mengeluarkan cairan berwarna cokelat kemerahan atau berdarah. Ukuran payudara besar sebelah yang tidak normal, yakni karena adanya benjolan.

Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut, yang menunjukkan ciri kanker payudara sudah menjalar ke area di sekitarnya.

Apabila Anda mengalami atau mencurigai salah satu gejala dan ciri-ciri kanker payudara stadium awal seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Ini dilakukan supaya Anda mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Dengan tanggap terhadap ciri-ciri kanker payudara stadium awal, maka peluang Anda untuk sembuh dari penyakit ini juga semakin besar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lira Medika Luncurkan Layanan Lira Drive Thru

KARAWANG – Setelah sukses meluncurkan program Telekonsultasi Hallo Lira, kini Rumah Sakit Lira Medika menambah inovasi ...