Bank Sampah CKM Desa Bengle Terima Hibah Mesin Pencetak Paving Blok Dari Dosen Teknik Mesin Unsika

KARAWANG – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dalam program Diseminasi Produk Teknologi Ke Masyarakat tahun 2019 dari Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Unsika, membuat suatu inovasi berupa mesin pencetakan paving blok dari sampah plastik dengan sistem prespneumatik.

“Program Diseminasi tahun 2019 ini merupakan bantuan hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini dipelopori oleh 3 orang dosen yaitu saya sendiri Viktor Naubnome,Jojo Sumarjo dan Najdmudin Fuazi” kata ketua Tim DiseminasiTahun 2019, Viktor Naubnome.

Lanjut Viktor, mesin Pencetakan Paving Blok dari Sampah Plastik dihibahkan kepada Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat, yaitu Bank Sampah CKM di Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Karawang.

Dengan adanya program diseminasi produk teknologi yang dilaksanakan oleh Tim Diseminasi 2019 dari Unsika, diharapkan dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas bagi masyarakat dan Mitra Bank Sampah.

“Harapan kami dengan adanya mesin ini mitra Bank Sampah dapat meningkatkan kapasitas produksi paving blok dari sampah plastik sehingga mampu mereduksi sampah plastik di lingkungan Bank sampah dan masyarakat disekitar mitra,” jelas viktor.

Anggota Tim Diseminasi 2019, Jojo Sumarjo mengungkapkan Alat ini digunakan untuk melakukan pelumeran sampah plastik mengunakan pemanas listrik dan motor penggerak untuk menggerakkan screw sebagai pendorong sampah plastik yang telah dilelehkan kewadah cetakan dan dipres menggunakan tekanan angin atau pneumatik.

Pengoprasian mesin pencetak paving blok ini cukup mudah serta menggunakan pemanas dan penggerak motor dengan daya listrik yang rendah, sedangkan bahan yang digunakan untuk pembuatan alat ini menggunakan baja ST 37 karena mudah proses pengerjaannya dan tahan lama.

Produk paving blok sampah plastik yang di hasilkan telah dilakukan pengujian di laboratorium dan telah memenuhi standar SNI,” jelas Jojo.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang UKW, PWI Karawang Kerjasama Dengan Dinkes Laksanakan Rapid Test Peserta

KARAWANG – Puluhan Wartawan calon Uji Kompetensi Wartawan ( UKW) mengikuti Rapid Test yang dilaksanakan ...