Ratusan Hektare Cagar Alam di Garut Beralih Fungsi Jadi Lahan Pertanian

FAKTAJABAR.CO.ID – Sekitar 150 hektare kawasan Cagar Alam (CA) dan Taman Wisata Alam (TWA) Kamojang, Garut, Jawa Barat telah beralih fungsi menjadi lahan baru pertanian masyarakat.

“Tersebar di beberapa titik, sudah dipetakan dan sosialisasi juga ke masyarakat,” ujar Kasubdit PPH Wilayah Jawa dan Bali Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Taqiudin, di kawasan Kamojang, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, tim gabungan dari sejumlah unsur, sengaja mengadakan operasi simpatik pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum di kawasan Cagar Alam (CA) dan Taman Wisata Alam (TWA) Kamojang.

“Kami lakukan operasi ini untuk menertibkan penggunaan lahan ilegal,” kata dia.

Dalam catatannya, ada sekitar 150 hektare lahan di CA dan TWA Kamojang yang sudah beralih fungsi. Masyarakat sekitar, ujar dia, sengaja mengalihkan kawasan itu menjadi area baru kawasan pertanian masyarakat.

Untuk menghentikan upaya tersebut, pihaknya sengaja menggelar operasi simpatik dengan melibatkan TNI, polisi, Polhut, Satpol PP, dan masyarakat.

Total ada sekitar 150 personel gabungan yang akan melakukan operasi selama empat hari tersebut. Pihaknya mengedepankan cara persuasif selama melaksanakan operasi.

“Kita persuasif dulu, mereka (perambah lahan) harus keluar dari kawasan. Apalagi penggunaannya tidak sesuai peruntukkan,” pinta dia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...