Polres Garut Bekuk 8 Pencuri dan Amankan Barang Bukti 30 Sepeda Motor

FAKTAJABAR.CO.ID – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut menangkap delapan pelaku pencurian. 30 kendaraan bermotor roda dan sejumlah barang lainnya yang menjadi barang bukti dalam penangkapan tersebut berhasil diamankan.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah menyebut bahwa delapan tersangka ditangkap di beberapa wilayah di Kabupaten Garut.

“Yang kita amankan berinisial YN, CW, MK, IL, SY, DH, HT dan HD. Mereka ditangkap di lima lokasi yang berbeda dalam rangka mencipatan situasi kondisi yang kondusif jelang Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Garut,” ujarnya, Senin (23/12).

Beberapa tersangka yang ditangkap tidak segan melukai korban pemilik kendaraan bermotor saat mencoba melawan. Bahkan saat proses penangkapan pun seorang tersangka ada yang terpaka ditembak karena mencoba kabur dan melawan.

“Kita mengamankan barang bukti golok yang selalu dibawa tersangka dalam melakukan aksi pencurian. Selain itu sejumlah astag juga kita amankan dan menjadi barang bukti dari para tersangka,” katanya.

Setelah sepeda motor berhasil dicuri, pelaku menyamarkan kendaraan dengan cara mengubah pelat nomor kendaraan. “Setelahnya baru kemudian dijual kepada penadah,” ucapnya.

Empat dari 30 motor yang berhasil diamankan telah diketahui pemiliknya. Polisi mengembalikan kendaraan tersebut setelah pemiliknya membawa bukti pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

“Kita cek dulu nomor rangka dan nomor mesinnya karena pelaku ini mengubah pelat nomornya. Alhamdulillah ada empat motor kita serahkan kepada pemiliknya sambil menunggu proses persidangan di pengadilan,” ungkapnya.

Menjelang Natal dan tahun baru, Polres Garut membentuk tim khusus untuk mengantisipasi kejahatan, baik di jalanan maupun permukiman dan keramaian.

“Yang paling kita antisipasi adalah kerawanan rumah kosong karena ditinggal pemiliknya, baik untuk beribadah atau pun liburan. Kita akan akan lakukan patroli,” ungkapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dukung Kemajuan Perekonomian, Wabup : Beli Bahan Baki Makanan ke Pedagang Karawang

Wakil Bupati Karawang Karawang – Wakil Bupati Karawang, H Aep ...