Lakukan Pungli di Jalur wisata, 11 Orang Diamankan Satgas Ops Lilin Lodaya 2019 Polres Sukabumi Polda Jabar

FAKTAJABAR.CO.ID – Satgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Sat Sabhara Polres Sukabumi mengamankan 11 orang yang di duga tengah melakukan kegiatan pungutan liar di 3 lokasi berbeda pada Jalur wisata di daerah Kec. Simpenan dan Pelabuhanratu, Minggu (29/12/2019)

Kesebelas orang tersebut diamankan di beberapa jalur wisata masing-masing di Kp. Loji Desa Loji Kecamatan Simpenan sebanyak 3 orang, Pantai Bufalo Rawa Kalong Cipatuguran Palabuhanratu sebanyak 5 orang dan Pantai dan Pantai Batu Bintang Cipatuguran Palabuhanratu sebanyak 3 orang.

Adapun modus yang dilakukan yaitu dengan memungut / meminta sejumlah uang partisipasi atau retribusi kepada para wisatawan yang akan berwisata di Pantai Geopark dan sekitar pantai Palabuhanratu.

Informasi adanya kegiatan pungli tersebut berawal dari patroli di Media sosial dan diperoleh informasi banyaknya keluhan masyarakat terutama para wisatawan yang mengeluh adanya pungli di beberapa tempat tersebut diatas.

Atas informasi tersebut Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap SIK, SH, MH, memerintahkan Kasat Sabhara IPTU Tenda Sukendar, SH, MH., yang juga selaku Kasatgas Preventif Ops Lilin Lodaya 2019 Polres Sukabumi untuk melakukan Patroli dan penertiban di lokasi yang di duga dijadikan tempat Pungli.

Hasilnya anggota Satgas Preventif berhasil mengamankan sebelas orang yang tertangkap tangan sedang melakukan pungli bersama barang bukti berupa uang hasil pungutan liar tersebut.

Kapolres Sukabumi menyatakan bahwa penertiban dan pengamanan terhadap para pelaku dengan dugaan melakukan pungli merupakan bentuk responsif aparat Polres Sukabumi terhadap keluhan masyarakat terkait kegiatan pungutan liar.

Kapolres Sukabumi tidak akan mentolelir adanya pungli terutama pada musim banyaknya pengunjung wisata ke wilayah Kabupaten Sukabumi, dan kepada pelaku pungli akan dilakukan penindakan.

Disamping itu lanjut Kapolres Sukabumi, penindakan terhadap pelaku pungli dilakukan guna menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan datang berlibur di Wilayah Kabupaten Sukabumi.

Kapolres Sukabumi juga meminta masyarakat dan wisatawan untuk melapor apabila mengalami pungli pada saat berwisata.

Kapolres Sukabumi menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung wisata dengan meningkatkan patroli baik di darat dan di pantai namun demikian Kapolres Sukabumi menghimbau agar para wisatawan untuk tetap waspada dan hati-hati dan ikuti himbauan petugas dilapangan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Faktor Ekonomi Sebagai Pemicu Pertama Kekerasan Perempuan dan Anak di Karawang

KARAWANG – Anggota DPRD Jawa Barat, Sri Rahayu Agustina menyebutkan setiap minggu, satu kekerasan terhadap ...