Puluhan Warga Tasikmalaya Keracunan Usai Santap Nasi Kotak

FAKTAJABAR.CO.ID – Puluhan warga kampung Sukamaju dan Cihaur di Desa Cihaur, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya mengalami keracunan, Kamis (2/1/2020). Berangsur-angsur mereka mendatangi puskesmas Manonjaya dengan keluhan mulai dari mual, pusing, dan diare.

Berdasarkan data dari Puskesmas, sedikitnya sudah ada 31 warga yang memeriksakan diri dan berobat ke puskesmas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sejak Rabu (1/1/2020) kemarin. Dari jumlah itu, ada yang berangsur pulang karena kondisinya membaik, 7 orang dirawat di Puskesmas, dan satu orang dirujuk ke RS SMC Kabupaten Tasikmalaya.

“Mereka datang dengan keluhan sama, pusing, mual dan diare. Dugaan sementara keracunan makanan, tapi itu belum pasti karena butuh uji lab,” ucap salah satu Petugas Puskesmas Andi, Kamis (2/1/2020).

Salah satu korban Jajang Nurjaman (34) mengatakan, ia merasakan pusing, mual dan terus menerus buang air besar paska menyandap hidangan yang dikirim tetangganya paska syukuran pada malam tahun baru.

Jajang menambahkan, tidak ada yang aneh dari rasa ataupun bentuk hidangan yang disajikan mulai dari nasi, daging ayam, tahu, kentang, mi instan, dan sejumlah makanan ringan.

“Besoknya langsung diare, mual-mual dan pusing. Minum obat dulu tapi ga sembuh akhirnya ke Puskesmas,” papar Jajang.

Nuraeni (37) korban lainnya menuturkan hal yang sama. Ia merasakan mual, pusing dan diare setelah menyantap makanan dari acara syukuran. Ia pun langsung berobat ke Puskesmas.

“Buang air besar tiap 15 menit. Saya lemas, pusing sama mual. Langsung sama suami dibawa ke Puskesmas. Alhamdulilah sekarang mendingan,” ucapnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Satpolair Polres Purwakarta Gelar Vaksinsi di Tengah Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA – Kejar target, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta membuat ...