Pengerjaan Proyek Terkesan Serampangan, Komisi IV DPRD Soroti IPAL RSUD Karawang

KARAWANG – Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang terkesan dikerjakan serampangan. Pasalnya, belum genap usia satu tahun, sudah tersiar kabar bahwa sambungan IPAL lama ke IPAL baru ada yang pecah, karena pipa yang dipergunakan sepertinya tidak sesuai spesifikasi. Terlebih, terdapat beberapa tembok dan tiang beton yang mulai retak-retak diduga karena mengunakan semen curah.

Bahkan, menurut informasi yang dihimpun di lapangan, proyek yang menggunakan dana APBD TA 2019 tersebut telah dilakukan pencairan 100 persen, meskipun ironisnya masih ada poin pekerjaan yang belum diselesaikan. Parahnya lagi, pembelian mesin IPAL yang dipergunakan itu diduga dimark up dari harga yang sesungguhnya, hingga terdapat selisih mencapai ratusan juta rupiah.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, H. Asep Syaripudin, ST. MM. mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Kesehatan dan Managemen RSUD segera lakukan pembenahan masalah IPAL tersebut. Sebab jika dibiarkan, khawatir akan berdampak apabila terjadi kebocoran, terlebih fungsi Rumah Sakit adalah menyediakan pelayanan komprehensif dalam mengobati dan mencegah penyakit kepada masyarakat.

“Harus segera dilakukan pembenahan, karena berhubungan dengan kesehatan atau pelayanan kesehatan Warga Masyarakat Karawang atau dari luar Karawang yang dirawat di RSUD,” ujar Politisi Muda Partai Golkar yang akrab disapa Ibe, kepada Fakta Jabar, Senin (27/1).

Ibe menambahkan, terkait beberapa temuan seperti dugaan mark up, pengerjaan secara serampangan dan bahan yang tidak sesuai dengan spesifikasi, pihaknya selalu berharap bahwa dalam pembangunan IPAL itu harus dilakukan secara profesional dengan prinsip kehati-hatian dan tetap menjaga kwalitas. Terlebih, pembangunan IPAL berbeda dengan pembangunan infrastruktur lainnya, karena ini berhubungan dengan pengolahan air limbah medis.

“Dengan adanya informasi temuan tersebut, tentu langkah Kami dari Komisi IV DPRD akan melakukan pengecekan ke lokasi di RSUD Kabupaten Karawang,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Perspektif Gender Menuju Pembangunan yang Adil & Merata

KARAWANG – Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 tingkat Kabupaten resmi dibuka oleh Wakil ...