Penerimaan Pajak Ranmor Samsat Karawang Tahun 2019 Capai Target Maksimal

KARAWANG – Mulai tingginya kesadaran masyarakat Kabupaten Karawang akan taat pajak kendaraan menjadi salah satu faktor tercapainya target maksimal penerimaan pajak kendaraan bermotor pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kanit Regident, Iptu Siti Barkah. Menurutnya tercapainya target penerimaan pajak Ranmor 2019 ini merupakan sebuah prestasi yang harus dipertahankan dan pihaknya juga mengapresiasi akan mulai sadarnya masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan.

“Saya apresiasi masyarakat karawang yang sudah mulai menyadari bahwa dengan membayar pajak kendaraan, artinya membantu proses pembangunan Kabupaten Karawang yang saat ini terus berkembang,”kata Siti.

Selain itu, lanjut Siti, peluncuran Smart SIM mulai awal 2020, disebut juga memudahkan proses mutasi data pemohon dan mempercepat proses pencetakan. Berbagai inovasi juga akan terus dilakukan pihak Kepolisian, Bapenda, dan Jasa Raharja kedepannya untuk kemudahan para wajib pajak dalam melakukan pembayaran.

” Optimalisasi program Samsat keliling, E-Samsat, Samsat Online, dan Samdes, Samsat gendong, samsat outlet, KTMDU, serta ditiadakan jam istirahat pegawai Samsat ikut mendorong optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan hasilnya sejauh ini berhasil mendongkrak pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor,”ungkapnya.

Selain program diatas, Bapenda Cabang Karawang juga telah menyiapkan sejumlah terobosan guna mendongkrak pendapatan pajak daerah dari kendaraan bermotor, diantaranya optimalisasi PAD dari kendaraan bermotor dengan melakukan jemput bola ke perusahaan di kawasan industri.

“Kami tahu, sebenarnya para buruh pabrik ini ingin taat bayar pajak kendaraan. Tapi mereka terbentur waktu kerja produksi. Makanya kami buka pelayanan pembayaran pajak di pabrik secara berkeliling bergantian. Bahkan hari libur pun petugas kami tetap membuka pelayanan melalui samsat mobile. Tak ada kata libur pokoknya,” ujar Kasi Penerimaan dan Penagihan Bapenda Cabang Karawang, Yuyun Yuliana.

Yuyun dan Iptu Siti Barkah sepakat, program keberhasilan capaian maksimal penerimaan pajak kendaraan tahun 2019 akan terus dilanksanakan dan ditingkatkan. Sejumlah inovasi pelayanan tahun 2020 sedang disiapkan dalam memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.

“Tahun ini kami akan terus bersinergi dengan Kepolisian Karawang, Jasa Raharja serta pemerintah daerah agar pelayanan lebih optimal, sehingga pendapatan pajak dari sektor kendaraan bermotor terus meningkat,” tutup Yuyun.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...