Bupati Karawang dan Wakil Bupati Tinjau Lokasi Pilkades Serentak di Karawang

KARAWANG – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 45 desa di Kabupaten Karawang, Minggu (23/2/2020) berlangsung aman dan kondusif. Bupati dan Wakil Bupati Karawang melakukan pemantauan kegiatan pemungutan suara di sejumlah desa.

Wakil Bupati tinjau lima desa tersebut adalah Desa Kalisari dengan kandidat dua calon kades, Desa Telagasari dengan lima calon kades (Kecamatan Telagasari), Desa Kedawung dengan tiga calon kades, Desa Karangtanjung empat calon kades (Kecamatan Lemahabang) dan Desa Kiara (Cilamaya Kulon) tiga calon kades.

Meski diguyur hujan cukup deras, namun antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak suaranya sangat tinggi. Bahkan, para lansia pun turut memberikan suaranya untuk kemajuan desa.

“Luar biasa semangat masyarakat. Ini menjadi suatu yang indah, karena ini adalah pesta demokrasi warga desa untuk menentukan sosok memimpin desa,” ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga memberikan apresiasi atas kinerja para panitia pilkades serentak yang menjalankan tugasnya secara profesional dan penuh semangat.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada aparat TNI/Polri yang secara sukarela membantu mengamankan proses pemungutan suara,” ujar Kang Jimmy.

Kang Jimmy juga menekankan kepada para calon agar setelah dinyatakan menang, harus langsung mendatangi calon lainnya yang belum terpilih. “Harus saling menghormati dan menghargai. Kita semua tidak akan besar tanpa adanya dukungan masyarakat. Dan jangan saling bermusuhan untuk para pendukung. Tetap jaga komunikasi,” ujar Wabup.

Sementara Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah meninjau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2020 di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Minggu (23/2/2020) pagi.

Kendati kondisi cuaca tak menentu, hal tersebut tidak menghalanginya untuk melihat secara langsung pelaksanaan pesta demokrasi sembari menyapa masyarakat sekitar. Bahkan karena melihat antusias warga yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, Bupati juga menyempatkan diri untuk menyapa dan berfoto bersama warga yang ada di sekitar TPS.

Bupati Cellica berpesan kepada seluruh masyarakat, siapapun kepala desa yang terpilih, itulah pemimpin masyarakat di desa dan harus didukung secara bersama – sama.

Menurutnya, perbedaan dukungan selama ini hanya proses dari demokrasi, sebab siapapun yang terpilih itulah yang diridhai Allah SWT.

“Berbeda pilihan itu biasa, tapi nanti ketika kepala desa sudah terpilih, mari kita dukung sama-sama. Sebab kewajiban seorang kepala desa adalah memperjuangkan rakyatnya,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cellica juga mengapresiasi pelaksanaan Pilkades di Warungbambu yang menerapkan sistem Scan Barcode. Menurutnya, sistem tersebut merupakan inovasi dengan memanfaatkan era digitalisasi.

“Sepanjang sejarah mendatangi pilkades baru kali ini ada TPS dengan sistem unik. Ini menjadi terobosan untuk efisiensi waktu. Bisa menjamin transparansi dan akuntablitasi serta melihat langsung angka partisipasi pemilih,” pungkasnya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

RS Lira Medika Bantah Pernah Merawat Pasien Covid-19

KARAWANG – Rumah Sakit Lira Medika menjawab dengan tegas jika pernah merawat pasien positif terpapar Covid-19 ...