5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

FAKTAJABAR.CO.ID – Menangis seringkali dijadikan tanda kelemahan seseorang. Dan ini saatnya kamu membuktikan bahwa hal tersebut salah.

Kita semua menangis saat masih bayi atau terjatuh. Tapi apa yang membedakan hal tersebut saat kita mengalaminya sekarang?

Dikutip dari Dream.co.id, tidak perlu malu ketika menangis. Lelaki maupun wanita menangis lebih sering dari yang kamu ketahui.

Ini bukanlah hal yang tabu. Menangis bisa jadi hal yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Miss Kyra, berikut manfaat menangis bagi kesehatan:

Menenangkan

Menangis bisa membantu meredakan dan menenangkan emosi. Penelitian di tahun 2004 menunjukkan bahwa menangis bisa mengurangi stres.

Mengeluarkan Toksin

Ketika kita menangis karena stres, hormon yang memicunya juga akan berkurang bersamaan dengan bahan kimia lainnya. Ini juga akan membantu detoksifikasi. Tapi, belum ada penelitian kuat yang membuktikan hal ini.

Memperbaiki Pola Tidur

Penelitian di tahun 2015 membuktikan menangis dapat meningkatkan kualitas tidur pada bayi. Menangis dapat menenangkan, memperbaiki suasana hati serta mengatasi stres, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur orang dewasa pula.

Melawan Bakteri

Tahukah Sahabat Dream bahwa air mata memiliki rasa asin? Air mata mengandung cairan yang disebut lysozyme. Cairan ini berfungsi menhaga kebersihan mata dari bakteri dan mencegah risiko penyakit lainnya seperti antraks.

Mempertajam Penglihatan

Menurut National Eye Institute, cairan air mata yang membasahi bola mata dapat mempertajam penglihatan. Air mata juga membuat bola matamu tetap lembap dan mencegah kekeringan membran mukosa.

Ingatlah menangis secara emosional karema sedih, senang atau frustasi adalah normal serta bermanfaat. Tapi, menangis tanpa sebab dapat menjadi tanda depresi serta kecemasan. Kamu harus berkonsultasi ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Sumber: Dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Berkah Ramadan, 1000 Takjil Dibagikan RSUD Karawang

KARAWANG – RSUD Karawang kembali menggelar kegiatan ramadhan berkah. Sebelumnya ...