Viral Warga Desa Amansari Perbaiki Jalan Rusak Sendiri

Tik Tok Emak Emak Juga Viral di Facebook

KARAWANG – Permintaan warga Dusun Jatipeureuh, Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terhadap perbaikan jalan rusak yang tak kunjung mendapat respons dari Bupati Karawang Cellica Nurachadia membuat warga setempat terpaksa memperbaiki jalan tersebut sendiri dengan cara patungan. Aksi ini pun disertai dengan kritik melalui video tiktok emak-emak kepada bupati.

Joko Suprianto, warga yang ikut aksi perbaikan jalan mengatakan, untuk memperbaiki poros desa terpaksa diambil dari kas ikatan remaja masjid. Ini terpaksa dilakukan karena kondisi jalan sudah sangat parah.

“Kita ga berharap apapun, buat kita ini bagian tanggung jawab demi kemaslahatan umat juga. ketimbang terus berharap tapi tak kunjung ada perbaikan, ya sudah akhirnya kita inisiatif menggunakan kas irmada untuk membantu meringankan beban pemerintah kabupaten yang mungkin belum mampu untuk memperbaiki jalan ini” ujar Joko Suprianto yang juga ketua IRMADA Amansari.

Perbaikan jalan ini, sambung dia, perlu segera dilakukan karena jalan tersebut amburadul banyak lubang. Akibatnya, selain jalan jadi becek dan licin karena sering tergenang, dan banyak pengendara motor yang terperosok masuk lubang. Ia mengaku, sebelum ada swadaya warga, jalan tersebut telah diusulkan untuk diperbaki tetapi selalu belum ada realisasi dengan alasan yang tidak jelas.

“Ini hanya untuk kemaslahatan umat saja. Kalau kondisi tersebut kami biarkan, bisa banyak yang celaka. Agar tidak sampai menelan korban, kami perbaiki sendiri secara swadaya,” terang Joko.

Viral di Medsos

Sementara aksi kritik perbaikan jalan poros Desa Amansari ini juga viral di media sosial Facebook. Cara sekelompok emak emak mengkritik jalan desa yang hancur di wilayah Rengasdengklok ini terbilang kreatif, karena mengkritik lewat gaya membangun dalam video tiktok.

Beberapa cuplikan video yang dibagikan diantaranya memuat gambar dan ucapan jalan yang rusak tanpa ada perbaikan, selain menuliskan kritik lewat selembar karton.

Berikut rangkuman video emak emak cantik ini yang dimuat melalui tiktok.

“Aduh ibu ieu jalan kumaha wae, mana usum hujan kos kieu we ie teh, becek” Seorang emak emak juga mengilustrasikan kekhawatiran kalangan ibu hamil. Lewat video itu, emak emak ini memuat gambar kritik “ibu hamil lewat sini, bagaimana anak aku, tolong bu”. Sedangkan tulisan tulisan dalam karton termuat, Ibu Hamil Jangan Lewat Sini, Berat. Apa Kabar Pemkab, Ayo Main Kesini. Pajak Dikemanain Ya, Ko Jalan Dicuekin. UMK Gede Jalan Ampun.

Dalam video tiktok lainnya, emak emak ini seolah mengkritik bupati Karawang yang gemar bermain tiktok. Pasalnya dalam video termuat gambar dan tulisan “Bu Kapan Tiktokan Disini”. Ada juga tulisan “Bodo Amat Jalan Hancur yang Penting Tik tok”. (red)

Video:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Korda TRCPA Karawang: Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Anak

KARAWANG – Koordinator Daerah Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak Kabupaten Karawang, Pini Singgrit, S.kom mengutuk ...