Awas HIV/AIDS! Gonta Ganti Pasangan Penyebabnya

KARAWANG – Di bulan Januari 2020 Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Karawang mencatat orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mencapai 26 orang. Penderita HIV/Aids di dominasi oleh karyawan swasta dengan 14 orang.

Data itu menjelaskan jumlah kasus ODHA ada 26 orang di 17 Kecamatan di Kabupaten Karawang. Diantaranya, Kecamatan Karawang Barat 4 orang, Telagasari 3 orang, Rengasdengklok 3 orant, Telukjambe Timur dan Klari 2 orang. Sedangkan Cikampek, Rawamerta, Karawang Timur, Cilamaya Kulon, Tirtamulya, Telukjambe Barat, Batujaya, Pakisjaya, Ciampel, Kotabaru dan luar Karawang masing-masing ada 1 orang.

“Dari jumlah 26 ODHA di dominasi pekerjaan sebagai karyawan dengan 14 orang, pengangguran 5 orang, IRT 3 orang, mahasiswa 2 orang, guru PNS dan buruh masing-masing 1 orang,” kata Staff KPA, Yana Aryana, Selasa (10/3).

Yana mengatakan, rata-rata penderita HIV/Aids sering gonta ganti pasangan seks. Secara kumulatif kasus HIV/Aids terus meningkat, namun tiap bulannya berbeda beda kadang naik kadang turun tergantung orang yang di tes HIV/Aids. Tetapi temuan kasusnya setiap bulan pasti ada temuan kasus HIV/Aids.

“Kami juga mencatat ada ODHA kasus lama yang meninggal ada 3 orang, di Januari (1) dan Febuari (2). Tempat rawan hiv/aids tempat transaksi seksual seperti lokalisasi, tapi sekarang prostitusinya secara online dan itu sedikit menyulitkan melakukan pendataan,” jelasnya.

Untuk penularan hiv/aids dengan kasus homoseksual dengan 20 orang, pasangan pria risti 3 orang dan pria risti 3 orang. Laki-laki dengan laki-laki mulai meningkat. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

DPRD: Hanya 107 Perusahaan Laporkan CSR

KARAWANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyebut dari ribuan perusahaan yang ada di Karawang ...