Siaga Corona, RS Lira Medika Karawang Gelar Penyuluhan Kesehatan

KARAWANG – Rumah Sakit Lira Medika Karawang melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan membahas bagaimana sebaiknya menanggapi penyebaran virus corona. Kegiatan tersebut digelar guna memberikan edukasi mengenai penyebab, gejala dan langkah pencegahan Virus Corona atau yang disebut dengan COVID-19.

Dengan dilakukan penyuluhan kesehatan ini, mudah-mudahan masyarakat dapat lebih tahu dan lebih sadar akan menjaga kebersihan dan kesehatan serta sebagai upaya agar terhindar dari penyebaran Virus Corona yang lebih luas.

“Kami sadar betul apa yang menjadi kekhawatiran khalayak ramai tentang virus ini. Sebagai bagian dari pelayan kesehatan tentu RS Lira Medika Karawang perlu ikut serta memberikan dukungan kepada pemerintah dalam bentuk penyuluhan kesehatan,” ungkap dr. Aditya selaku humas RS Lira Medika.

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan oleh RS Lira Medika di sejumlah perusahaan dan pabrik yang ada di kawasan industri karawang seperti PT. Beta Pharmacon, PT. Kalbe Morinaga, PT. Chemco, PT. Sanghiyang Perkasa dan sejumlah perusahaan lainnya. Kegiatan itu setidaknya dihadiri oleh 50 hingga 100 karyawan di setiap perusahaan. Mengingat di kawasan industri ini biasanya menjadi tempat berkumpul para karyawan bekerja dari berbagai kalangan, bahkan ada beberapa yang sering melakukan perjalanan luar negeri. Sehingga materi yang disampaikan pada kegiatan penyuluhan kesehatan ini harapannya dapat selanjutnya diteruskan kepada keluarga mereka masing-masing.

“Kegiatan ini disambut baik oleh pihak perusahaan. Pada bulan februari kemarin saja setidaknya ada 9 perusahaan yang kami datangi untuk dilakukan penyuluhan kesehatan atau biasa kami sebut health talk kepada jajaran manajemen dan para karyawannya. Kami mensosialisasikan bahaya virus ini, dan bagaimana pencegahan serta penanganannya. Dengan cara ini, menyampaikan edukasi kesehatan kepada para karyawan pabrik, nantinya diharapkan mereka akan menyampaikan kembali kepada keluarga di rumah.” jelas dr. Aditya.

Selain itu, melalui unggahan di akun social media resminya, RS Lira Medika juga mengingatkan kepada masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Karawang agar jangan terlalu panik dan takut kepada virus COVID-19 ini. “Kami turut mengingatkan, waspada boleh saja, namun jangan berlebihan. Rasa panik berlebihan itu malah lebih berbahaya dari pada virus itu sendiri,” kata dr. Aditya.

dr. Aditya juga mengatakan, RS Lira Medika selama ini memang sudah sering melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dengan mengangkat berbagai tema seperti kesehatan jantung, pelatihan P3K, cara cuci tangan yang baik dan benar, hingga virus corona yang sedang viral saat ini, dan tema lainnya. “Ini sudah menjadi agenda rutin sebagai wujud kepedulian RS Lira Medika akan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan di tiap rutinitas sehari-hari,” paparnya.

Tidak hanya di perusahaan, dr. Aditya menambahkan, RS Lira Medika juga menyambangi lokasi lainnya seperti komunitas Gabungan Organisasi Wanita yang dilaksanakan 5 Maret 2020, Wihara Budha Guna 8 Maret 2020 dan komunitas lainnya. “Selain penyuluhan kesehatan ke perusahaan, kami juga lakukan ke tempat umum lainnya seperti wihara, komunitas, dan tempat lainnya. Kami jugasering menyebarkan poster edukasi kesehatan ke klinik-klink serta puskesmas yang ada di karawang seperti bagaimana cara cuci tangan, etika bersin dan batuk, tantang bahaya penyakit menular, dan lainnya. Baik itu penyebaran secara cetak maupun disebar melalui social media dan pesan whatsapp.” tandasnya.

Seperti diketahui bersama, bahwa Virus corona memang sudah menjadi rasa kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat di seluruh belahan dunia. Terlebih kasus virus yang banyak memakan korban jiwa ini awalnya muncul di wuhan – china dan penyebarannya berdampak ke sejumlah negara lain salah satunya negara Indonesia, yakni sebanyak 6 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

 Menurut data yang diperoleh pertanggal 12 Maret 2020, sebanyak 4.615 orang dinyatakan meninggal dunia. Presiden Joko Widodo dan kementerian kesehatan menghimbau agar masyarakat tidak panik dan lebih seksama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, karena meskipun 4.615 orang dinyatakan meninggal. Kabar baiknya sebanyak 67.017 sudah dinyatakan sembuh.Sebagai rumah sakit yang terakreditasi paripurna KARS di Kabupaten Karawang. RS Lira Medika hadirsebagai mitra kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan didukung 60 dokter spesialis serta layanan penunjang seperti CT-Scan, MRI, Cathlab, EEG, Hemodialisa, Angiografi, hingga penanganan stroke dengan metode DSA,RS Lira Medika memiliki fasilitas yang lebih lengkap untuk diagnosis berbagai gangguan kesehatan. (rls/lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...