6 Manfaat Pete yang Harus Anda Ketahui, Bau Tapi Punya Banyak Khasiat

FAKTAJABAR.CO.ID – Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan pete atau petai. Pete memiliki nama lain Parkia speciosa dan masuk ke dalam kategori sayuran. Warnanya yang hijau dan aromanya yang khas membuat pete mudah untuk dikenali.

Setelah dikonsumsi pete meninggalkan aroma yang khas di dalam mulut bahkan di dalam urine. Hal ini juga yang kadang membuat sebagian orang tidak menyukai pete. Pete biasanya disajikan sebagai lalapan atau campuran membuat sambal goreng.

Tapi selain itu, ternyata ada juga manfaat pete yang harus Anda ketahui. Berikut manfaat pete yang baik untuk tubuh.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Melansir Merdeka.com dari Liputan6.com, US Food and Drug Administration mulai membudidayakan petai karena diklaim mampu mencegah tingkat tekanan darah dan stroke jantung. Hal ini juga didukung oleh beberapa riset yang menunjukkan pete mampu membantu menurunkan hipertensi.

Penderita hipertensi memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, sehingga perlu menjaga asupan natrium harian sekitar 1500 hingga 2300 miligram per hari.

Mencegah Stroke

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA), manfaat petai untuk menghindari serangan penyakit stroke. Melihat dari Dream.co.id, jurnal The New England Journal of Medicine menyertakan petai dalam makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pete memilikimanfaat baik untuk mencegah terjadinya stroke.

Mengatasi Anemia

Dr. Aminuddin AHK dariDepartement of Physiologi Medical Faculty of Universitas Kebangsaan Malaysia, mengungkapkan bahwa petai dapat digunakan sebagai obat untuk anemia, depresi, stres, sindroma pramenstruasi, sakit perut, cacingan dan beberapa gangguan kesehatan lain.

Kandungan zat besi pada petai mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian anda. Zat besi merupakan zat dasar yang digunakan untuk mebentuk sel darah merah atau hemoglobin bari. Hal ini menunjukkan bahwa, konsumsi pete dapat membantu melawan anemia.

Memiliki Antioksidan Tinggi untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat pete selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Kerusakan sel akibat terpapar radikal bebas memiliki dampak yang cukup serius. Banyak penyakit dapat ditimbulkan oleh radikal bebas.

Pete memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hasil uji petai kukus yang sudah menjadi serbuk, memiliki kadar antioksidan 70,58 persen milligram per mililiter dan kadungan tanin yang bermanfaat menangkal radikal bebas.

Kedua kandungan tersebut jika bergabung dengan kandungan asamthiazolidine-4-carboxylicdi dalamnya, membuat petai juga memiliki manfaat sebagai anti-kanker. Ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol, dan phytosterol. Jadi anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi pete setelah mengetahui banyak kandungan baik di dalamnya.

Mengurangi Kecemasan dan Memperbaiki Mood

Manfaat pete yang lain adalah mampu mengurangi kecemasan dan memperbaiki mood anda. Pete mengandung triptofan, termasuk jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mendorong mood. Triptofan membantu pembentukan serotonin, yang membuat seseorang lebih rileks dan mengantuk. Oleh karena itu pete dapat digunakan untuk memperbaiki mood pada penderita Seasonal Affective Disorder atau depresi ringan.

Kandungan vitamin B dalam pete juga memiliki jumlah yang besar. Jenis vitamin ini mampu menenangkan sistem syaraf sehingga anda dapat merasa lebih relaks. Selain itu ada pula kandungan vitamin A, C, zat besi, dan kalsium, serta klaium yang baik untuk kesehatan jantung. Pada saat tubuh anda stres atau tertekan, umumnya jumlah kalium dalam tubuh menurun. Pete dapat membatu anda untuk menaikkan jumlah kalium ini.

Mengontrol Gula Darah

Tidak hanya baik untuk menangkal radikal bebas, manfaat pete selanjutnya adalah mampu membantu anda mengontrol gula darah. Antioksidan tinggi, zat kimia beta-sitosterol, dan stigmasterolyang dimiliki pete dapat membantu anda mengontrol gula darah.
Gula darah yang terkontrol ini mampu menurunkan resiko anda terkena diabetes. Jadi, apakah anda masih ragu untuk mengonsumsi pete? Untuk mendapatkan manfaat pete secara maksimal tentunya anda juga perlu membarenginya dengan pola hidup sehat. Jangan lupa untuk olahraga dan memperhatikan pola makan anda.

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Berkah Ramadan, 1000 Takjil Dibagikan RSUD Karawang

KARAWANG – RSUD Karawang kembali menggelar kegiatan ramadhan berkah. Sebelumnya ...