Pembangunan Kandang Ayam di Cibuaya Dipertanyakan

KARAWANG – Warga Desa Kedung Jeruk Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang keluhkan pelaksanaan pembangunan proyek kandang ayam di dusun krajan berjarak 300 meter dari pemungkinan, warga beranggapan proses pelaksanaan pembangunan kandang ayam memicu kerusakan jaling (jalan lingkungan) yang sering dilintasi para petani. Senin (30/3)

Dikatakan Pujiono pemilik sawah berdekatan dengan pembangunan kandang ayam, ”Sejak pelaksanaan pembangunan kadang ayam di Dusun Krajan jaling (jalan lingkungan) yang biasa digunakan para petani ambres rusak parah, itu jalan biasa nya digunakan para petani saat musim panen, tandur dan belum lama dibangunkan oleh desa gedung jeruk,” ungkap Pujiono.

Selain itu juga saya tidak diminta tanda tangan atau dapat konfensasi dari pihak pemilik kandang ayam tersebut pak, padahal sawah saya berdekatan dengan pembangunan kandang ayam.

Kepala Desa Kedung jeruk Minan menjelaskan,”Boleh melaksanakan pembangunan kandang ayam asal tidak bermuatan lebih sehingga tidak merusak akses jalan utama bagi para petani,” jelasnya

Namun pihak pelaksana pembangunan kadang ayam di dusun krajan, menghiraukan himbau dari desa dan jaling yang bersumber dari Dana Desa rusak parah.

Masih kades Minan, saya selaku kepala desa merasa sangat dikecewakan oleh pelaksana pembangunan kadang ayam, telah menyalah gunakan wewenang tidak sesuai dengan penjanjian,” tegasnya.

Menurut Atin, Lsm Kompak sektor 8, “Bila mana pelaksanaan pembangunan kadang ayam tersebut merusak jalan ya harus bertanggung jawab, dikarankan kerusakan disebab kan muatan nya terlalu banyak”.

“Itu kan sebelum nya sudah ada perjanjian dengan pihak desa, boleh melintasi jalan yang menjadi akses para petani dengan tidak melebihi muatan dan saya juga selaku warga Gedung Jeruk bersama warga akan menutup akses jalan bagi pelaksana pembangunan tidak mentaati perjanjian, selain itu untuk perizin pembangunan harus ditempuh sesuai aturan,” jelasnya.

Bila mana perizinan belum ditempuh pihak kecamatan melalui Mp bisa memberhentikan sementara pelaksanaan pembangunan kadang ayam. (sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...