RS Lira Medika Bantah Pernah Merawat Pasien Covid-19

KARAWANG – Rumah Sakit Lira Medika menjawab dengan tegas jika pernah merawat pasien positif terpapar Covid-19 atau Virus Corona. Hal itu diungkapkan oleh Humas RS Lira Medika, dr. Aditya, pada Kamis (26/3) lalu kepada para awak media.

Disampaikan dr. Aditya, kronologis bermula dari pasien inisial HF datang ke IGD RS Lira Medika Karawang pada hari kamis 19 maret 2020 lalu, dengan kondisi batuk dan pilek. Kemudian tim medis langsung melakukan pemeriksaan penunjang dengan kecurigaan mengarah ke infeksi Virus Corona. Terlebih tracking pasien punya riwayat mengikuti sebuah seminar di Hotel Swissbellin Karawang, dimana dalam acara tersebut terdapat pasien yang positif terkena corona.

Saat di RS Lira Medika, masih dr. Aditya menceritakan, pasien langsung ditangani oleh tim dokter yang bertugas saat itu, lalu dilakukan pemeriksaan oleh dokter jaga IGD kemudian dikonsultasikan ke dokter spesialis paru dan dilakukan serangkaian pemeriksaan penunjang lainnya dengan kecurigaan mengarah pada infeksi Virus Covid-19.

“Setelah itu RS Lira Medika menempatkan pasien di ruang isolasi dan ditangani oleh dokter spesialis paru dan dokter spesialis penyakit dalam,” ujarnya.

dr. Aditya melanjutkan, pada Hari Selasa (24/3) hasil pemeriksaan Covid-19 keluar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, dinyatakan hasilnya negatif dan kondisi kesehatan pasien setelah beberapa hari dirawat di RS Lira Medika, keadaan secara umum pasien mengalami perbaikan, seperti demam sudah tidak ada, batuk berkurang dan sesak nafas sudah tidak ada.

“Hal ini trejadi karena kita mengikuti protap pelayanan yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan untuk penanganan pasien yang dicurigai Corona dan panduan praktek klinik dari perhimpunan dokter spesialis paru,” jelasnya.

Melihat kondisi pasien yang semakin hari semakin membaik, dr. Aditya menambahkan, tim medis RS Lira Medika akhirnya memulangkan pasien pada Hari Jumat (27/3). Dikarenakan kondisi pasien semakin hari semakin membaik, apalagi setelah hasil pemeriksaannya menunjukan hasil yang Negatif, pasien jadi lebih bersemangat lagi untuk segera sembuh.

“Keluarga pasien pun merasa senang dengan hasil pemeriksaan yang menunjukan bukan sakit Corona,” bebernya.

Masih dr. Aditya menambahkan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan, jangan khawatir bila datang ke rumah sakit nanti akan terkena Virus Corona, karena sampai saat ini belum ada pasien yang positif terkena Virus Corona yang dirawat di RS Lira Medika.

“Selain itu RS Lira Medika mengutamakan keselamatan pasien dan pengunjung dengan cara selalu membersihkan lingkungan rumah sakit dengan cara penyeterilan area lingkungan setiap hari dengan disinfektan. Bahkan, untuk lift dan pegangan tangga selalu dibersihkan setiap 2 jam sekali,” tuturnya.

Sambung masih dr. Aditya menambahkan, RS Lira Medika masih membuka pelayanan seperti biasa, tidak ada pengurangan jadwal praktek dokter ditengah krisis Virus Corona, karena masyarakat yang sakit tidak hanya sakit Virus Corona saja, tetapi masih banyak orang yang sakit dengan penyakit lain dan membutuhkan pelayanan kesehatan dari Tim Kesehatan RS Lira Medika.

“Oleh karena itu masyarakat yang mau berobat ke RS Lira Medika tidak usah khawatir dokternya tidak praktek atau kamar perawatan tidak ada,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...