Demfarm Akan Diintegrasikan dengan Wisata Kuliner dan Wisata Hutan Kota

KARAWANG – Sekda Kabupaten Karawang, H. Acep Jamhuri melakukan Pembahasan Tindak Lanjut Program Demfarm Korporasi Pertanian Modern di Kecamatan Jayakerta, Rabu (1/7/2020) pagi.

Kegiatan ini dihadiri pula Kepala Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian Dr. Prayudi Syamsuri, Kepala PUPR dan Kepala Dinas Pertanian Karawang.

Sekda menyampaikan kegiatan Demfarm masih berlanjut di tahun ini dan akan diusulkan kembali di tahun depan untuk melengkapi infrastruktur lokasi inti demfarm.

“Untuk tindak lanjut ini pihak Badan Litbang mengaharapkan dukungan dari Pemda untuk pembangunan jalan, pagar, dan penerangan di lokasi inti demfarm,” kata Sekda.

Sekda juga mengungkapkan, keberlanjutan soal Demfarm nantinya berhubungan juga denga pengembangan Demfarm di Hutan Kota Karawang.

“Bekerjasama dengan Taiwan ICDF, Lahan seluas 3 hektar dipersiapkan untuk membangun tempat pelatihan para petani dan didukung juga dengan tempat pemasaran produk. Infrastruktur dan tim pelatih menjadi tanggung jawab pihak Taiwan ICDF,” ungkap Sekda.

“Demfarm akan diintegrasikan dengan Wisata Kuliner dan Wisata Hutan Kota seperti yang ada di Lembang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian
Dr. Prayudi Syamsuri mengatakan kegiatan demfarm terkait beberapa bisnis koperasi antara lain perbenihan, saprodi, penggilingan padi, itik, dan alat mesin pertanian.

“Intinya kami siap berada di belakang pemda karawang untuk mengembangkan pertanian korporasi demfarm karawang,” ucapnya.

Masih dikatakan Syamsuri, demfarm akan dikelola kelanjutannya oleh pemda dan asetnya akan diserahkan ke koperasi melalui pemda. (cim/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bupati Aep : Pendidikan Jadi Salah Satu Skala Prioritas Karawang

Karawang – Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa pendidikan ...