Kemeriahan Perayaan Harganas Ditengah Covid-19, Apa Kata Masyarakat?

KARAWANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang melangsungkan perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas)ke -XXVII di Alamsari, Selasa (7/7/2020) ditengah pandemi Covid-19. Meski Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) belum lama diberlakukan di Kota Pangkal Perjuangan. Namun kegiatan yang mengumpulkan massa cukup signifikan itu berlangsung meriah.

Terlebih ketika dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana. Kata Bupati, peran keluarga sangat diperlukan untuk pelaksanaan social distancing, terutama orangtua atau orang dewasa yang ada di rumah tersebut.

“Setiap orangtua harus mengawasi dan terus memantau serta memastikan semua anak tetap berada di rumah. Kalaupun ada acara di luar, pastikan untuk tetap menjaga diri,” kata Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, seluruh anggota keluarga harus menjalani perilaku hidup bersih dan sehat. Orangtua harus mampu mencontohkan dan menegaskan bahwa setiap anggota keluarga diwajibkan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Bupati menyatakan, meskipun peringatan Harganas pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan dilaksanakan secara sederhana, namun semangat untuk merayakannya tidak boleh kendor. Menurut Bupati, kondisi ini justru dapat dijadikan sebagai inspirasi dan momentum untuk tetap menjaga semangat dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

“Tahun ini kita memperingati Hari Keluarga Nasional secara sederhana, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi covid, tapi saya harapkan kesederhanaan ini tidak mengurangi makna dan semangat kita semua untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu Plt kadis DPPKB, Sofiah, dalam kesempatan yang sama menyatakan peringatan Harganas pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dilaksanakan secara sederhana, kali ini tidak menghadirkan ratusan petugas dan kader KB hanya perwakilan 3 orang dari tiap Kecamatan, beberapa petugas dan pihak berprestasi serta mitra program KB seperti IP2KKB, FPPK, PAFSEDU, HIRMAKA, JUANG KENCANA, DUTA GENRE, SSK, IPeKB, Forum PLKB, Forum Pos KB. “Ini sebagai bagian dari upaya DPPKB dalam mencegah penyebaran covid19.

“Kami ikuti semua protokol kesehatan covid19,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pesan Bupati untuk Penyuluh Agama agar Menyampaikan Pesan Pembangunan dengan Bahasa Agama

KARAWANG – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri kegiatan pembinaan pegawai dilingkungan Kantor Kementrian ...