Sebagian Tani Penerima BSTP Desa Kutagandok Sumbangsih Untuk Program Pemerataan

KARAWANG – Untuk proses pendataan masyarakat calon penerima bantuan sosial tunai untuk petani di Desa Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, dilaksanakan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) tanpa ada koordinasi dengan pihak Pemerintah desa setempat. Bahkan, pada saat undangan musyawarah penetapan calon penerima bantuan sosial untuk petani bersama ikatan kepala desa terkait quota BSTP diwakili oleh pekerja sosial masyarakat (PSM).

Menurut keterangan dari Kepala Pemdes Kutagandok, Adang, berita acara kesepakatan bersama Ikatan Kepala Desa terkait kebijakan Pemdes untuk mengarahkan agar calon penerima bantuan sosial tunai untuk petani yang sudah menerima bantuan dari program lainnya untuk memberikan sebagian bantuan pada yang belum sekalipun menerima program bantuan dari Pemerintah disetujui bersama.

Selanjutnya, sambung Dia, tudingan bahwa Pemerintah Desa Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya, Kabupate. Karawang, melakukan pemotongan pada para petani penerima bantuan sosial tunai diakui sebagai kesalahpahaman. Sesuai kesepakatan, jelas Dia, Pemdes Kutagandok, Kebuapten Karawang, hanya mengarahkan sesuai kesepakatan bersama IKD bahwa calon penerima bantuan BSTP tidak boleh dobel.

“Sesuai kesepakatan dengan IKD kami hanya mengarahkan pada masuarakat petani calon penerima bantuan sosial tunai tidak boleh dobel,” jelas Ny. Hj.Duriah.

Sementara, H.Dedi sebagai PSM Desa Kutagandok mengatakan pemerataan dilakukan untuk 700 keluarga penerima manfaan sebesar Rp. 200.000 berasal dari sebagian kecil penerima BSTP dari jumlah keseluruhan sebanyak lebih dari 200 sesuai pengajuan dari Pemdes Kutagandok, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, quota jumlah bantuan sosial tunai untuk lebih dari 200 kepala keluarga.

Bahkan, Gery Kurniawan, sebagai pembina kelompok tani menyatakan dari dua orang buruh tani binaannya yang mendapatkan bantuan BSTP secara utuh tanpa potongan menerima uang tunai cash sebesar Rp.1800.000,- /3 bulan, “Buruh tani binaan saya ada dua orang yang dapat tidak dikenakan potongan,” jelasnya. (ded).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polres Karawang Berhasil Amankan Tiga Pelaku Pengoplosan Gas Elpiji Subsidi

Karawang – Tiga pelaku pengoplosan gas elpiji subsidi berhasil dibekuk ...