Komisi II DPRD Kunker Soal Pertanian ke Pekalongan

KARAWANG– Komisi II DPRD Karawang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan, Kamis(06/08/2020). Agenda kunker sendiri agar mendapatkan berbagai informasi terkait menyusun Raperda Usaha Peternakan dan Pemotongan Hewan, termasuk mengatur tentang retribusinya.

Anggota Komisi II DPRD Karawang, Natala Sumedha mengatakan, pemilihan Kota Pekalongan dinilai sudah memiliki tata kelola peternakan yang baik. Selain itu, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Pekalongan sendiri masuk kategori terbaik se-Provinsi Jawa Tengah.

“Kota Pekalongan sendiri sudah punya Perdanya. Komisi II menanyakan retribusi, pemeriksaan kesehatan hewan sesuai yang telah diatur Perda Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan yang mereka miliki,” ujarnya.

Dikatakan Natala, pembentukan Perda Usaha Peternakan dan Pemotongan Hewan tersebut dinilai penting, guna mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha di sektor peternakan serta menciptakan iklim usaha yang sehat, salahsatunya potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kota Pekalongan selain potensi rumah pemotongan hewan, juga mereka konsen produksi susu sapi. Jadi bukan berbicara ketersedian pangan, tapi keselamatan pangan diutamakan juga,” paparnya.

Untuk itu kata Natala, Komisi II tentunya mendorong agar Karawang segera memiliki Perda Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Nanti akan kami sampaikan seperti kunjungan Subang maupun Kota Pekalongan ke Bapemperda DPRD serta Bagian Hukum dan dinas terkait,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jika Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Segera Hubungi Pemadam Kebakaran. Ini Nomor Kontaknya

KARAWANG – Kepala UPTD dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang,Rohmat menyampaikan ...