Dari Puluhan Peserta UKW PWI Karawang Nyatakan Satu Wartawan Belum Kompeten

KARAWANG – Uji Kompetensi Wartawan 2020 rampung dilaksanakan. Dari 26 peserta, seorang wartawan dinyatakan belum kompeten. Artinya, tingkat kelulusan UKW angkatan IV di Karawang ini nyaris 100 persen.

“Yang dinyatakan kompeten tidak perlu sombong. Harus tetap rendah hati karena tak lepas dari kekurangan. Terus belajar karena ada tahapan lainnya,” kata Wawan Juwarna dari PWI Jawa Barat saat penutupan UKW PWI Karawang 2020, Jumat (14/8/2020).

Adapun kepada peserta yang belum kompeten, diharap tidak putus asa. Wawan berpesan, keterampilan bisa terus diasah. “Yang belum dinyatakan kompeten, jangan menyerah. Masih ada kesempatan lainnya,” tutur Wawan.

Pada UKW kali ini, penguji juga memberikan penghargaan kepada lima peserta ujian dengan skor tertinggi. Di tingkat Wartawan Madya, Farida Farhan dari Kompas.com dan Aditya Nugraha dari Prasasti Jabar dinilai mendapat skor terbaik saat itu. Adapun di tingkat Wartawan Muda, Irfan Maulana (Koran Gratis), Zaelani Ardika (Prasasti Jabar), dan Ade Yunas Setiawan (Prasasti Jabar) dinilai mendapat skor lebih tinggi dari peserta lain.

Selama dua hari, 26 wartawan dijajal oleh 5 orang penguji. Puluhan wartawan itu mengikuti 10 mata uji. Mulai dari mencari, menulis berita hingga membuat perencanaan liputan.

Namun sebenarnya, peserta tak hanya sekedar dites. Penguji juga memberikan bimbingan dan mentransfer pengetahuan kepada para peserta.

“Mudah-mudahan setelah UKW bisa lebih semangat dan menjadi wartawan yang lebih baik,” kata M Nasir dari PWI Pusat. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jika Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Segera Hubungi Pemadam Kebakaran. Ini Nomor Kontaknya

KARAWANG – Kepala UPTD dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Karawang,Rohmat menyampaikan ...