Antisipasi Arus Kendaraan Jelang Libur Panjang, Pertamina Siagakan Mobile Storage dan PDS

JAKARTA – Jelang libur panjang dan cuti bersama Tahun Baru Islam 1442 H, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memastikan kesiapan BBM dan LPG cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Pertamina juga telah menyiapkan Mobile Tangki Storage dan Armada Pertamina Delivery Service (PDS) di beberapa titik, untuk memastikan kelancaran pasokan BBM di masa libur yang dilaksanakan pada Rabu (20/8) hingga Minggu (23/8).

“Kami mengantisipasi adanya peningkatan mobilisasi masyarakat yang akan memanfaatkan momen libur panjang ini. Hal ini juga sejalan dengan estimasi Kakorlantas Polri, dimana kondisi lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung diperkirakan meningkat sejak Rabu malam ini,” kata Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan.

Eko menambahkan, Pertamina telah menyiapkan sejumlah layanan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. Salah satunya melalui pemenuhan stok BBM di SPBU, terutama bagi SPBU yang berada di jalur tol, serta penambahan sarana seperti mobil kantong BBM (mobile storage) dan armada motor Pertamina Delivery Service (motorist).

Salah satunya, di SPBU 3316701 yang terletak di Jl Raya Puncak KM 73,6, Cisarua, Jawa Barat, dimana akan disiapkan mobile storage untuk bersiaga di kawasan Puncak. “Mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga di SPBU. Tujuannya untuk mempercepat proses pengisian ke SPBU sehingga stok BBM untuk konsumen terjaga,” ujar Eko.

Eko menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas tambahan di sepanjang ruas tol Jakarta – Cikampek dan Cikampek – Cirebon, yaitu mobile storage di KM57A, KM62B, dan KM101B. Serta armada motor Pertamina Delivery Service di KM75A dan KM62B.

Pada ruas tol Jakarta – Cikampek – Cirebon tersebut, telah tersedia SPBU di sejumlah Rest Area seperti KM19, KM39 dan KM57. Selain itu, Rest Area KM102, KM 166, KM 207, serta KM228.

Sementara itu, pada momen akhir pekan lalu yang juga merupakan libur panjang pada Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia 17 Agustus 2020, konsumsi semua produk BBM Pertamina yakni Gasoline dan Gasoil cukup melonjak di wilayah MOR III, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Puncak konsumsi terjadi pada Sabtu (15/8) yakni sekitar 34 ribu KL, dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian yang mencapai 32 ribu.

Untuk informasi produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penindakan Pelanggar Covid-19 Ditingkatkan

Karawang – Demi mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Karawang, ...