Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-387, Ini Harapan Fraksi-Fraksi DPRD

KARAWANG -Tujuh Fraksi DPRD Karawang menyampaikan setiap harapannya untuk Kota Pangkal Perjuangan di HUT ke-387. Setiap Fraksi memiliki harapan yang berbeda untuk kemajuan kabupaten yang dikenal sebagai Lumbung Padi.

Seperti disampaikan Ketua Fraksi PKS, Dedi Sudrajat, yang berharap HUT ke-387 Kabupaten Karawang dapat menjadi momentum peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

“Seperti kita ketahui IPM Karawang selama beberapa tahun terakhir cukup signifikan peningkatannya. IPM ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan dari pemerintah. Tentunya tanpa mengabaikan soktor lainnya,” ujarnya, Senin (14/9/2020), usai Sidang Paripurna Intemewa di Gedung Paripurna DPRD Karawang.

Begitupun disampaikan Ketua Fraksi PKB, Jajang Sulaeman yang berharap momentum HUT ke 387 Karawang untuk merepleksikan pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian.

“Karawang sebagai lumbung padi harus terus dikembangkan hingga mampu menjadi penunjang ekonomi masyarakat,” kata dia.

Ia juga menegaskan agar pemerintah lebih memperhatikan pengentasan pengangguran. Karena Karawang yang hari ini dikenal sebagai Kota Industri memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas bagi masyarakatnya.

“Pemkab harus merancang solusi pengentasan pengangguran dengan tepat, sehingga putra-putri Karawang bisa mendapatkan hak nya untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang hari ini ada di Karawang. Tidak lagi kalah bersing dengan pendatang,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Fraksi Pangkal Perjuangan, Nana Suryana mengatakan, pengembangan dunia pendidikan menjadi sektor penting bagi masyarakat Karawang. Pendidikan juga bisa menjadi penunjang dalam mempersiapkam Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk bersaing di dunia kerja.

“Kalau pendikannya sudah bagus, SDM nya kompeten dan mampu bersing, masalah pengangguran bisa teratasi,” paparnya.

Sementara, Anggota Fraksi PDIP, Natala Sumedha mengatakan, masih banyak kekurangan dalam capaian RPJMD Karawang selama 5 tahun terakhir.

“Banyak perbaikan yang harus dilakukan pemerintah dalam pembenahan pembangunan Kabupaten Karawang,” tegasnya.

Senada, Ketua FraksI Gerindra, Endang Sodikin mengatakan, HUT ke 387 Karawang harus jadi momentum peningkatan kinerja serta semangat dalam menyelesaikan PR pembangunan.

“Meski penyelenggaraan HUT ke-387 Karawang digelar sederhana, saya harap tidak mengurngi khidmat nya. Tentunya juga harus menjadi momentum meningkatkan kinerja bagi pemerintah daerah,” kata dia.

Begitu pun dikatakan Ketua Fraksi Golkar, Suryana yang berharap pada momentum HUT ke 387 Karawang yang bersamaan dengan momentum Pilkada tahun ini bisa sukses tanpa ekses.

“Pilkada harus sukses tanpa ekses,” ucap dia.

Mengenak pandemik Covid-19, lanjut dia, harus bisa memjadi pembelajaran untuk pemerintah lebih memperhatikan kesehatan dan kesejahtraan masyarakat.

“Saya juga berharap kedepan sektor pertanian menjadi prioritas. Semua program pertanian harus tuntas,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Paslon Cellica-Aep Semakin ‘Cekas’ Setelah Sesepuh Ponpes Cipasung Deklarasi Dukungan

Karawang– Semakin ‘cekas’ Itu lah untuk pasangan calon bupati dan ...