Pesilat Cantik Ini Mengakui Tanding Tingkat Daerah Lebih Tegang Ketimbang Tingkat Nasional

Langgeng Safitri

Karawang – Langgeng Safitri merupakan atlet pencak silat di Kabupaten Karawang. Ia berasal dari paguron Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Karawang Pusat Madiun.

Bagi Langgeng, pencak silat menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab pencak silat merupakan bela diri asli Indonesia. Pasalnya dengan pencak silat mereka bisa berprestasi mengharumkan Karawang baik di kancah nasional maupun internasional.

Perempuan berusia 17 Tahun tersebut mengaku mengenal pencak silat sejak masih sekolah dasar. Kemudian menginjak SMP ia mulai fokus mendalami pencak silat dengan bergabung perguruan Persaudaraan Setia Hati Terat (PSHT) Cabang Kabupaten Karawang Pusat Madiun.

Siswa kelas XII SMAN 1 Cikampek ini telah mengikuti berbagai event pencak silat. Misalnya kejuaraan nasional atau tingkat Jawa Barat.

“Saya pernah ikut pertandingan nasional mewaliki PSHT Tahun 2016 juara 2.Pernah juga di pekan olahraga pelajar wilayah Jawa Barat Tahun 2017 dapat juara 3,” tuturnya.

Langgeng mengatakan, pertandingan di level kabupaten lebih menenggangkan. Sebab ia telah mengetahui kekuatan lawan. Beda halnya dengan pertandingan di level provinsi atau nasional. Menurutnya lebih tenang sebab belum tahu pasti kekuatan lawan sehingga tidak terlalu terpikirkan.

“Kalau kita sudah sering main di luar, misalkan kita main di dalam (kota) itu harus punya nilai lebih,” kata Langgeng.

Hal tersebut baginya bukan menjadi beban melainkan sebagai motivasi. Ia mengatakan menjelang pertandingan yang paling utama disiapkan adalah latihan intens dan kesehatan fisik.

“Saat fisik sudah bagus saat bertanding di gelanggang pun teknik yang dipelajari akan mengalir begitu saja. Jangan pernah bosan untuk melakukan suatu hal, sesulit apapun dicoba saja,” pungkas perempuan berkerudung itu saat menyaksikan pertandingan Liga IPSI Karawang di GOR Panatayudha.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Selama Pandemi Covid-19 Atlit Pelajar Disdikpora Diminta Latihan Mandiri

Karawang – Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Karawang, H. ...