“Gagap” Penanganan, Ratusan Perusahaan Dilatih Cara Menangani Corona

Karawang – Akibat terjadi klaster industri penyebaran Covid-19 di Karawang, Satuan Tugas Covid-19 bakal melakukan pelatihan penanganan penyebaran Covid-19 kepada 200 perusahaan. Pelatihan ini dimaksudkan agar setiap perusahaan mengerti tentang pencegahan penanganan Covid-19 dilingkungan industri. Apalagi masih banyak perusahaan yang belum mengerti cara-cara menangani Covid-19.

“Ternyata masih banyak yang “gagap” dalam menanggulani penyebaran Covid-19 hingga mereka perlu dilatih agar sejalan dengan
kita. Kawasan industri sudah terpapar Covid-19 sehingga kita harus maksimalkan penanganannya. Namun pemerintah tidak bisa bekerja sendiri harus bekerjasama dengan semua pihak,” kata Sekda Kab. Karawang sekaligus Ketua Harian Satgas Covid-19, Acep Jamhuri, Senin (19/10/20).

Menurutnya, saat ini ada 86 perusahaan industeri di Karawang yang menjadi klaster penyebaran virus corona. Hal itu terjadi karena pengelolanya belum faham benar terhadap cara-cara penanganan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya.

Indikasi ke arah itu terlihat dari sejumlah pengelola perusahaan yang melapor ke Dinas Perindustrian dan Perdagangaan ketika ada karyawannya yang terpapar virus corona. Padahal, seharusnya mereka melapor ke Satgas atau Dinas Kesehatan setempat.

“Ini yang menjadi dasar kami untuk memberikan pelatihan kepada mereka,” ujarnya.

Dijelaskan, pelatihan akan dilakukan secara bertahap. Masing-masing perusahaan cukup mengirim dua utusannya untuk mengikuti pelatihan tersebut. Untuk menghindari penumpukan saat pelatihan pihaknya akan membagi peserta pelatihan.

“Dengan demikian tidak terjadi penumpukan jumlah peserta,” kata Sekda. (cr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hilman Jadi Ketua LBH Cakra

Karawang – Musyawarah Besar atau lebih dikenal sebagai MUBES merupakan ...