Antisipasi Dampak Peralihan Musim, Distan dan Pangan Perlu Bersikap

Karawang – Peralihan musim kemarau ke musim hujan perlu disikapi Dinas Pertanian dan Pangan.Hal tersebut untuk menjaga hasil produksi pertanian agar tidak berdampak pada ketersediaan bahan pangan daerah.

“Masa peralihan musim saat ini, harus disikapi terutama Dinas Pertanian dalam segala bidang dan Dinas Pangan harus memastikan ketahanan pangan ketika ada masa perubahan musim,” ujar demikian dikatakan Anggota Komisi II DPRD Karawang, Natala Sumedha, Selasa(20/10/2020).

Ia menjelaskan, terlebih lagi saat ini pemerintah pusat sedang menjalankan tahapan penggarapan ketahanan pangan. Sehingga hal tersebut menurutnya perlu adanya sebuah irama yang sama antara pusat dan daerah.

Salahsatunya dengan sosialisasi kepada petani dan peternak oleh dinas terkait agar menimalisir kerugian.

“Sosialisasi bukan sangat perlu, tapi dalam bentuk program untuk mengatasi permasalahan juga harus ada oleh dinas terkait untuk menghadapi peralihan musim kepada petani,” paparnya.

Dikatakan Natala, kondisi Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar. Selain kesehatan, pertanian menjadi kunci bagi kita menghadapi situasi ini serta mengatasi ancaman krisis pangan. Oleh karena itu, penguatan lumbung pangan sangat penting guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan.

“Dinas terkait harus bisa mengantisipasi persoalan ini, sebelum terjadi di Karawang,” pungkasnya.(cr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peningkatan Kompeten Kehumasan, Pegawai Imigrasi Karawang Ikuti Webinar

Karawang – Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pegawai di bidang ...