Kalapas Pastikan Protokol Kesehatan Ketat & Dijalankan di Seluruh Area

Kalapas Klas IIA Karawang berkunjung ke Sekretariat PWI Karawang di Jalan Malabar Karangpawitan

Karawang – Lapas Karawang dihuni rata-rata hampir seribuan narapidana dari kapasitas hunian 590 orang. Meski angka hunian melebihi kapasitas, Lapas Klas IIA Karawang memastikan protokol kesehatan ketat dijalankan di seluruh area.

Kalapas Karawang Lenggono Budi menuturkan, protokol kesehatan ketat diterapkan sejak April 2020 lalu dengan mula-mula membentuk Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Lapas Karawang.

“Kami berkoordinasi dengan Pemkab, Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas Karawang, dan selalu melakukan pelaporan seminggu sekali ke Bupati Karawang,” tutur Kalapas saat berkunjung ke sekretariat PWI Karawang, Jalan Malabar, Karangpawitan, Selasa (26/1/2021).

Kalapas menyadari, upaya social distancing tidak memungkinkan karena jumlah narapidana melebihi kapasitas. Beruntung, narapidana di Lapas sudah otomatis terisolir dari dunia luar. Maka, konsentrasi pencegahan penularan Covid-19 diarahkan untuk menyisir potensi penularan dari luar.

“Di area luar, petugas menyiapkan larutan disinfektan untuk menyemprot kendaraan yang masuk. Di depan pintu, disiapkan wastafel dengan air mengalir dan sabun, ada juga pengecekan suhu tubuh.”

Seluruh pegawai juga diminta pakai masker dan jaga jarak untuk mengurangi potensi penularan Covid yang dibawa petugas.

Sementara warga binaan hampir setiap hari diberi asupan vitamin C dan makanan bergizi. Juga senam pagi setiap Senin sampai Kamis. Petugas juga melakukan pemeriksaan detail terhadap keluhan kesehatan warga Lapas.

Kunjungan atau jam besuk juga ditiadakan. Sebagai gantinya, kerabat warga binaan bisa berkomunikasi dengan penghuni Lapas via video call.

Upaya ini membuahkan hasil. Sampai sekarang, kata Kalapas, belum ada warga binaan di dalam Lapas yang terkonfirmasi mengidap Covid-19.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...