BACA : Hati-hati 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Kecelakaan Lalu-lintas

Foto Gilang : MENGANTUK – Akibat sang supir mengantuk, sebuah truck trailer menabrak trotoar jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Karawang – Kecelakaan lalu lintas umumnya, terjadi karena berbagai faktor secara bersama-sama, seperti pelanggaran atau tindakan tidak hati-hati para pengguna jalan (pengemudi kendaraan bermotor dan pejalan kaki), kondisi jalan, kondisi kendaraan, cuaca dan jarak pandang.

Menurut, Austroads (2002), terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, diantaranya adalah faktor manusia, faktor kendaraan, serta faktor jalan dan alam.

Seperti insiden kecelakaan yang terjadi pada Sabtu (27/2), sekitar pukul 04.00 di Jalan Raya Pancawati, dari arah Cikampek menuju Karawang. Sebuah truck trailer bernomor polisi D 9528 AD harus kehilangan kendali sebelum menabrak trotoar jalan.

Diketahui, kecelakaan tersebut diakibatkan oleh sang supir yang mengantuk. Beruntung, dalam insiden itu, tidak ada korban jiwa maupun luka berat. “Untungnya jalanan lagi sepi. Supir cuma alami luka ringan, karena kebentur,” jelas Tatang (30) salah satu saksi mata ditempat kejadian kepada wartawan.

Sementara itu, menurut Agus Ridwan (35), warga sekitar menuturkan, di Jalan Raya Pancawati, tepatnya di depan pom bensin Pancawati itu juga, sering terjadinya insiden kecelakaan, selain dari faktor manusianya itu sendiri. Faktor pendukung jalan pun, disebut-sebut menjadi biang keladi terjadinya kecelakaan.

“Sering disini tuh (Jalan Raya Pancawati) yang kecelakaan, karena gelap juga. Kurangnya penerangan, ditambah banyak truck pasir yang parkir dipinggir jalan,” ungkapnya.

Untuk itu, masih dikatakan Agus, ia menghimbau bagi pengguna jalan yang hendak melintasi Jalan Raya Pancawati harus lebih berhati-hati lagi. Sebab menurutnya, Jalan Raya Pancawati masuk katagori jalur tengkorak.

“Terlebih di malam hari ya, atau pas sedang hujan. Itu sering banget yang celaka disini,” pungkasnya.(cr2/glg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...