Hindarkan Penyelewengan Dana Desa, Ratusan Kepala Desa Diberikan Pengarahan Tata Cara Pengelolaan

Hindarkan Penyelewengan Dana Desa, Ratusan Kepala Desa Diberikan Pengarahan Tata Cara Pengelolaan

Karawang – Bertempat di Ballroom Hotel Swissbell Inn Karawang, Rabu (7/4/2021) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi pengelolan dana desa Tahun 2021. Hal ini untuk menghindarkan penyelewengan dana desa oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dikatakan Plt Kepala Dinas DPMD Kabupaten Karawang, Ahmad Hidayat melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) Agus Somantri, kegiatan itu dihadiri camat, kepala desa serta pendamping desa dalam rangka untuk mensosialisasikan adanya ketentuan baru terkait penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Dengan terbitnya Surat Edaran Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan Surat Edaran Kemendes PDTT Nomor 17 tahun 2020 tentangpercepatan penggunaan Dana Desa Tahun 2021,” jelas Asom sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, tahapan pencairan dana Desa di tahun 2021 sesuai dengan permendes. Pasalnya, ada tiga tahapan pencairan.

“Untuk tahun sekarang ada yang baru untuk desa mandiri yaitu dua kali pencairan yang mulai di terapkan pada tahun 2021,” jelasnya.

Ia menambahkan, desa mandiri sesuai dengan peniliaian indeks desa membangun yang paling tinggi di tahun 2021.

“Kami sudah menunjuk Desa Duren, Desa Kondangjaya, Desa Lemahabang dan Desa Telagasari sebagai Desa mandiri,” tambah Asom.

Dengan adanya sosialisasi dana desa dengan narasumber Kejaksaan, Polres dan Inspektorat Karawang pihaknya berharap kepala desa lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan dana desa.

“Seperti yang telah dipaparkan narasumber dari kejaksaan penggunaan dana desa harus sesuai aturan agar kepala desa terhindar dari jeratan hukum,” tandasnya.

“Sosialisasi ini dijadikan dua hari agar tidak mengundang masa cukup banyak,” tutup Asom.(red/cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Rekomendasi DPRD Karawang untuk Aspirasi Perangkat Desa

Karawang – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Karawang mendatangi ...

%d blogger menyukai ini: