Jajang Sutrisno Kembangkan UMKM Ditengah Pandemi Covid-19

Cilamaya Kulon – Geliat UMKM di masa pandemi Covid-19 menjadi andalan masyarakat. Disamping lebih efisien modal, ringan dalam segi produksi, juga pemasarannya bisa via online. Jadi lebih bisa meminimalisir tingkat kerumunan seperti anjuran pemerintah.

Contohnya yang dilakukan warga Rawagempol Kulon, Jajang Sutrisno misalnya. Ia merasakan sektor usahanya di bidang jasa sedang mengalami penurunan. Kemudian mencoba memutar otak untuk dapat tetap memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari dengan mencoba mengambil peluang dari sektor UMKM.

“Pandemi Covid-19 memang sangat berpengaruh buruk terhadap segi usaha, tapi disamping itu seakan seperti menguatkan salah satu sektor yaitu UMKM. Hanya sektor ini yang mampu bertahan. Juga dalam segi permodalannya tidak memerlukan anggaran yang terlalu besar,” katanya.

Jajang mencoba menciptakan dan memasarkan 2 produk yang berbeda, yaitu kopi premium D’YANG coffee dan Sabun pencuci piring dengan Brand nya Dy Klin, setelah sebelumnya memasarkan olahan ayam ungkep dengan Brand Deyang Ayam Ungkep.

Jajang juga menuturkan harapannya kepada pemerintah agar lebih gencar lagi mendukung para pelaku UMKM, seperti yang dilakukan Wakil Bupati Karawang belakangan ini.

“Itu semua akan lebih baik lagi jika di dukung lebih serius dalam pengkolektifan dan pembinaan pelaku UMKM oleh dinas terkait semisal disperindag dan atau Dinkop,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Versi TKLB Katar Cikampek Di Tantang Berikan Bukti Sah Secara Hukum

KARAWANG – Polemik dualisme kepengurusan Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cikampek, ...

%d bloggers like this: