Memasyarakatkan Seni Bela Diri Tradisional, Kini Pencak Silat Latihan di Mall Karawang

Pencak Silat Merpati Putih

Karawang – Siapa tak kenal dengan seni bela diri Pencak Silat. Sejak dulu dipelajari masyarakat. Bahkan bela diri ini salah satunya yang melawan penjajah di negeri ini. Namun, ada suatu perbedaan latihan pencak silat dulu dan kekinian. Sebab, di era milenial perkembangan teknologi begitu pesat. Termasuk latihan pencak silat sudah ditempat modern. Yaitu di Mall Karawang yang ada di kawasan Galuh Mas.

Menurut Abu Isa, Sekretaris DPD Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Karawang, sudah ada kerjasama antara IPSI, PPSI dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Karawang untuk memfasilitasi tempat latihan.

“Yang pertama latihan di Mall Karawang, kawasan Galuh Mas. Dan kedua latihan di rumah galeri seni Karawang di Kompleks Pemda Karawang. Setiap hari Senin, Selasa dan Minggu setiap paguron silat yang terdaftar di IPSI dan PPSI bisa latihan di Mall dan Galeri Seni,” kata Abu Isa, Senin (7/6/2021).

Ia mengatakan, biasanya latihan silat identik dengan suatu tempat. Tetapi sekarang latihan silat sudah ditempat yang modern dengan fasilitas yang disiapkan pemerintah. Dengan demikian, menjadi suatu kebanggaan atas perkembangan seni bela diri pencak silat ini di Kota Pangkal Perjuangan.

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih atas support dari pemerintah. Ini menjadi suatu kegiatan rutinan untuk memasyarakatkan seni bela diri tradisional. Kita harus bangga mempelajari warisan nenek moyang bangsa Indonesia,” kata dia.

Kang Yayan, Ketua Paguron Merpati Putih (MP) mengaku bangga atas kegigihan IPSI dan PPSI dalam mengembangkan pencak silat di Karawang. Terlebih bisa memfasilitasi tempat latihan di Mall Karawang dan Galeri Seni.

“Kami bangga atas perjuangan IPSI dan PPSI sampai bisa latihan ditempat mewah,” kata Kang Yayan, yang mengawali latihan di Mall adalah Merpati Putih.

Pantauan di lokasi, Paguron Merpati Putih gerak dengan ciri khasnya di area Mall. Meski suana lebih berbeda dari biasanya, namun menjadi perhatian masyarakat yang ada di kawasan Mall. Apalagi salah satu pesilat Merpati Putih menunjukan kebolehan. Menutup matanya kemudian menebak nama dan identitas salah seorang pengunjung yang ada di sekitar Mall. Pesilat itu hanya memegang KTP dan bisa menyebutkan nama pemilik. Sontak mendapatkan pujian dari semua pihak.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kapolres : Karawang Sedang Memprihatinkan

Karawang – Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra mengungkapkan situasi ...

%d bloggers like this: